androidvodic.com

Petani Tebu Minta Ganjar Perhatikan Masalah Impor Gula - News

Laporan Wartawan Tribunews, Mario Christian Sumampow

News, NGANJUK - Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan produk gula dalam negeri harus diperhatikan dalam setiap kegiatan impor gula. Hal itu agar harga gula dalam negeri tetap stabil. 

Pernyataan itu merupakan respons Ganjar saat ia menanggapi keluhan seorang petani tebu di Lapangan Klinter, Nganjuk, Jawa Timur, Jumat (12/1/2024).

Baca juga: Kampanye di Nganjuk, Ganjar Temui Petani Tebu di Kebun, di Bawah Terik Matahari

Petani tebu, Yahya yang berkesempatan menyampaikan keluh kesahnya, meminta Ganjar untuk memperhatikan bibit-bibit tebu.

"Masalah bibit pak. Kita punya yang namanya P3GI. Itu adalah dulu punya pemerintah yang selama ini disuruh tidur. Tidak pernah memunculkan bibit-bibit kualitas baru," kata Yahya.

Ia juga mengatakan seharusnya petani tebu memiliki kualitas bibit yang bagus. Sehingga Yahya berharap jika Ganjar terpilih menjadi presiden dapat memperhatikan bibit-bibit untuk petani tebu.

Baca juga: Soal AMIN Berpeluang Koalisi dengan Kubu Ganjar-Mahfud di Putaran Kedua, PKB: Kami Cermati Momentum

"Makanya itu mereka memiliki kewajiban untuk memunculkan bibit-bibit baru, tolong nanti kalau sudah jadi presiden jangan lupa. Pak Ganjar Presiden 2024. Itu nanti tolong pak, mereka itu tolong diperhatikan gitu," ujarnya.

Lebih lanjut, Yahya juga mengeluhkan terkait impor gula yang dilakukan pemerintah. Di depan Ganjar, Yahya meminta sebelum melakukan kegiatan impor untuk memperhatikan produk dalam negeri terlebih dulu.

Yahya juga meminta Ganjar agar pemerintah dapat meminjam modal dana kepada petani tebu. Dia pun berjanji modal itu akan dikembalikan oleh para petani.

Dalam tanggapannya, mantan Gubernur Jawa Tengah itu menuturkan akan berkomunikasi lebih lanjut terkait permasalahan bibit hingga pemodalan bisa tertangani.

Sehingga nantinya masing-masing permasalahan mulai dari bibit, pupuk, hingga permodalan, bisa tertangani dengan baik.

Baca juga: Janji Capres: Prabowo Komitmen Entas Kemiskinan, Ganjar Bakal Buat KPI untuk Para Menteri, Anies?

Dalam hal impor gula. Ganjar menyebut hal itu akan menjadi catatan penting untuknya jika terpilih menjadi presiden.

"Kalau kita mau impor, perhatikan dulu produk yang ada di dalam negeri," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat