androidvodic.com

Bantah Hasil Survei Mengalami Tren Penurunan, Ganjar Pranowo: Survei Saya Naik Tuh! - News

News, JOMBANG- Calon presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo tak yakin jika surveinya terus mengalami penurunan.

Sebaliknya, Ganjar mengungkapkan hasil survei elektabilitasnya bersama cawapres Mahfud MD, terus mengalami kenaikan.

“Survei saya naik tuh. Bahkan pakai sistem triangulasi, kriterianya kami masih kejar-kejaran antara dua kandidat, perbedaannya sekitar dua persen,” kata Ganjar di Jombang, Jawa Timur, Jumat (12/1/2024).

Baca juga: Survei Terbaru Pilpres 2024 Anies Vs Prabowo Vs Ganjar Versi 9 Lembaga, Faktor Cawapres Menentukan

Kendati demikian, Ganjar mengatakan hasil survei lainnya sebagai referensi dan menjadi catatan untuk dijadikan perhatian.

Ganjar mengumpamakan beberapa wilayah seperti Jawa Tengah (Jateng), Jawa Timur (Jatim), Yogyakarta, Jawa Barat (Jabar) merupakan daerah-daerah gemuk.

“Gak masalah, semua survei kita jadikan pelajaran untuk kita menyikapi dengan bijak,” ujarnya.

Pernyataan Ganjar dibenarkan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Yenny Wahid. Menurutnya, di wilayah Jateng dan Jatim, pasangan Ganjar-Mahfud di semua survei paling unggul.

“Mas Ganjar Pak Mahfud di Jateng dan Jatim paling unggul di survei,” tegasnya.

Sebelumnya, hasil survei Gagas Lintas Data (Galidata) menempatkan posisi pasangan Ganjar-Mahfud di posisi teratas dengan perolehan 36,2 persen, mengungguli pasangan Prabowo-Gibran sebesar 33,3 persen dan pasangan Anies-Muhaimin dengan raihan 26,1 persen.

Survei Galidata dilaksanakan mulai 24 Desember 2023 sampai 6 Januari 2024 di seluruh wilayah Indonesia. Survei tersebut melibatkan 1.200 responden, dengan sampling error 2,83% dan tingkat kepercayaan 95%.

Baca juga: Disambut Hangat Hary dan Angela Tanoesoedibjo, Ganjar: Ini Luar Biasa

“Secara nasional elektabilitas Ganjar-Mahfud tertinggi, yakni sekitar 36,2%, disusul pasangan Prabowo-Gibran sebesar 33,3% dan Anies-Muhaimin 26,1%,” kata Direktur Galidata, IBey Arif Budiman, dalam acara Rilis Survei Nasional Peta Elektoral Pemilu 2024 di Hotel Tamarin, Jakarta, (11/1/2024).

Target 60 persen suara di Jawa Timur

Ganjar Pranowo mengatakan dirinya bersama Mahfud MD mempunyai target meraih 60 persen suara di wilayah Jawa Timur.

Menurut Ganjar, target itu setelah dirinya dan Mahfud MD melakukan konsolidasi dengan partai koalisi hingga relawan.

“Targetnya sih kalau saya tanya ke kawan-kawan 60 persen,” ujar Ganjar saat ditemui di Jombang, Jawa Timur, Jumat (12/1/2024).

Baca juga: Soal Kemungkinan Putaran Kedua Pilpres 2024, Pengamat Ungkap Peluang Koalisi AMIN dan Ganjar-Mahfud

Ganjar mengakui target 60 persen itu tidak mudah didapatkan. Untuk itulah, Ganjar menuturkan perlunya konsolidasi dalam rangka meraih target tersebut.

“Maka konsolidasi kita lakukan terus menerus, saya bertemu dengan partai pengusung, dengan relawan dan saya bisa tahu persis dari masing-masing peta,” tegas Ganjar.

Tidak sampai disitu, Ganjar juga akan terus turun langsung ke daerah-daerah di Jawa Timur untuk menyapa dan menyerap aspirasi masyarakat.

Sebab, Capres berambut putih ini menilai setiap daerah di Jawa Timur memiliki cara tersendiri untuk menggaet suara. Karena itulah dia ingin turun langsung bertemu dengan masyarakat.

Baca juga: Kritikan dari Capres 2024: Prabowo Kritik Kinerja BUMN, Anies soal Pajak, Ganjar soal Alat Kesehatan

“Umpama, Nganjuk seperti apa, terus kemudian Jombang seperti apa, besok kita melihat Surabaya Kota seperti apa. Masing-masing punya treatment sendiri-sendiri agar kita cermat dan kompak bergerak,” pungkas Ganjar. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat