androidvodic.com

Partai Ummat soal Gus Ipul Minta Jangan Pilih Capres Pilihan Baasyir & Amien Rais: Mungkin Bercanda - News

News - Wakil Ketua Umum Partai Ummat, Buni Yani, merespons pernyataan Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, yang meminta warga NU tidak memilih capres pilihan Abu Bakar Baasyir dan Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais.

Yani menilai pernyataan Gus Ipul itu hanyalah candaan kepada warga NU.

"Jadi saya tak terlalu yakin ini diucapkan oleh Gus Ipul yang ngajinya baik dan sangat senior di antara kita-kita yang lebih muda ini."

"Mungkin saja Gus Ipul bercanda karena kita tahu saudara-saudara kita wong NU kan suak sekali bercanda. Mudahan dia tidak serius," katanya ketika dihubungi News, Kamis (17/1/2024).

Dia mengatakan pernyataan seperti yang disampaikan Gus Ipul itu sebenarnya tidak perlu untuk ditanggapi lantaran perbedaan pilihan politik adalah hal biasa.

"Sebetulnya ini tidak perlu ditanggapi kalau hanya sekadar urusan beda pilihan politik, karena beda pilihan politik adalah hal yang biasa," tutur Yani.

Namun, kata Yani, menjadi persoalan ketika Gus Ipul sudah menyebut nama Baasyir dan Amien Rais.

Dia pun mempertanyakan letak permasalahan ketika warga NU memilih capres pilihan Baasyir dan Amien Rais.

Padahal, sambungnya, mereka adalah sama-sama orang beragama Islam.

"Tetapi, karena Gus Ipul sudah menyebut nama orang, yaitu Pak Amien dan Ustaz Abu Bakar Baasyir, yang kita sama-sama tahu adalah orang Islam juga, dan perlu saya garis bawahi bahwa keduanya menganut Islam ahlussuna waljamaah, lalu di mana letak masalahanya sehingga warga NU yang sama-sama ahlussunah waljamaah, tidak boleh memilih pilihan dua guru kita ini," tuturnya.

Yani pun mempertanyakan kitab rujukan Gus Ipul sehingga melontarkan pernyataan semacam itu.

Baca juga: Anwar Abbas Kritik Gus Ipul soal Minta Warga NU Jangan Pilih Capres Pilihan Baasyir & Amien Rais

Lebih lanjut, dia mengatakan, saat ini, umat Muhammadiyah dan NU tengah bersatu sehingga menjadi kabar gembira bagi persatuan Tanah Air.

"Seharusnya semua orang Islam senang dengan perkembangan ini, kecuali mereka yang tidak senang dengan persatuan umat Islam," tuturnya.

Sebelumnya, Gus Ipul meminta seluruh warga NU agar menggunakan hak pilihnya dengan memilih capres yang sesuai dengan kaidah ke-NU-an.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat