androidvodic.com

Sentilan ke Gus Ipul Minta Warga NU Tak Pilih Capres yang Didukung Abu Bakar Ba'asyir dan Amien Rais - News

News, JAKARTA - Pernyataan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf atau Gus Ipul menyinggung soal calon presiden (capres) yang didukung oleh Ustaz Abu Bakar Ba'asyir dikomentari sejumlah pihak.

Gus Ipul, meminta seluruh warga NU bisa menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari dengan memilih calon yang sesuai dengan kaidah NU.

"Kami ingin warga NU mencoblos pada tanggal 14. Kita berharap semua warga NU hadir dan menggunakan hak pilihannya dengan sungguh-sungguh memperhatikan semua paslon yang ada," kata Gus Ipul di Pasuruan dikutip dari TribunJatim, Selasa (16/1/2024).

Menurut Gus Ipul calon presiden yang dipilih juga harus benar-benar mencerminkan cara berpikir dan bermazhab ahlussunah wal jama'ah.

"Pastikan bahwa paslon yang kita pilih itu sesuai dengan cara bermazhab dan berpikirnya NU," ujarnya.

"Pilih dan pilah semua info yang ada, agar kita tidak tersesat karena berita-berita hoaks," tambah Gus Ipul.

Gus Ipul berharap warga NU bisa mengetahui secara pasti calon mana yang seiring sejalan dengan kepentingan Indonesia dan kepentingan NU.

"Jangan kita mendukung pasangan yang didukung oleh orang-orang yang berseberangan dengan cara berpikirnya orang NU. Seperti calon yang didukung Abu Bakar Ba'asyir misalnya, apalagi ada Amien Raisnya juga," kata dia.

Gus Ipul menekankan, kelompok yang selama ini berseberangan dengan NU harus dihindari.

"Kita harus waspada pada kelompok lain yang berseberangan dengan NU, apalagi cuma diiming-iming posisi wakil presiden. Jangan mau pilih kelompok ini," ujar Gus Ipul.

Jubir AMIN sebut rasis

Juru Bicara Timnas Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (AMIN) Mustafa Nahrawardaya ajakan kepada warga NU agar tak menilih capres yang didukung Abu Bakar Baasyir cenderung rasis.

"Gus Ipul yang saya kenal selama ini, tidaklah demikian rasis. Namun ucapan beliau yang viral, terasa benar rasisnya. Kaget juga," kata Mustafa dalam pesan yang diterima News, Rabu (17/1/2024).

Menurutnya, ucapan tersebut malah merusak suasana pemilu yang sedang berjalan baik.

Baca juga: PROFIL Ustaz Abu Bakar Baasyir yang Disebut Mendukung Anies Baswedan: Sempat Titip Surat ke 3 Capres

"Kami sangat menginginkan Pemilu berjalan baik, dalam suasana persatuan, dan tentu mimpi tersebut bakal hilang begitu saja jika ucapan-ucapan seperti Gus Ipul terjadi. Kita ingin bersatu," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat