androidvodic.com

CSIS: Debat Capres-Cawapres Bukan Hanya Soal Elektabilitas, Tapi Harus Memberikan Pendidikan Politik - News

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

News, JAKARTA - Peneliti Senior Departemen Ekonomi Center for Strategic and International Studies (CSIS), Deni Friawan, menekankan debat capres-cawapres bukan hanya soal elektabilitas.

Hal ini terkait debat cawapres yang digelar pada Minggu (21/1/2024) malam.

Deni menilai, sebaik-baiknya debat adalah yang dapat memberikan pendidikan politik bagi masyarakat yang menyaksikan.

"Apakah debat semalam itu berpengaruh terhadap elektabilitas seberapa besar, gitu ya. Jujur saya enggak tahu karena kami belum melakukan survei. Tapi satu yang perlu diingat, elektabilitas adalah satu hal, hal yang lain adalah pendidikan politik," kata Deni, dalam diskusi bertajuk 'Menanggapi Debat Keempat Capres-Cawapres' yang digelar CSIS, di Jakarta Pusat, pada Senin (22/1/2024).

"Kita tidak bisa, misalnya debat ini yang penting bagus elektabilitasnya, itu sama hal dengan misalnya kita berupaya untuk satu putaran supaya bisa menghemat biaya. Substansinya kan bukan di situ," sambungnya.

Ia menjelaskan, para capres-cawapres bertanggung jawab memberikan pendidikan politik bagi pemilih.

Baca juga: Pengamat Nilai Gimmick Gibran dalam Debat Kurang Mencerminkan Etika yang Baik

"Menang kalah itu perkara satu hal, tapi pengajaran, level up dari pemilih kita itu hal yang lain, dan itu yang perlu juga diperhatikan capres dan cawapres ini bukan semata-mata untuk mencari kemenangan, tapi juga memberikan pengetahuan kepada masyarakat ke mana arah bangsa ini akan dibawa dan itu enggak cukup dengan cuma sekadar elektabilitas," jelasnya.

"Kalau cuma mikirin elektabilitas, sampai kapan Indonesia mau maju. Demokrasi itu kan bukan sekadar elektabilitas itu," kata Deni.

Baca juga: Sekjen PDIP Sebut Gibran Emosional, TKN: Saling Sindir dan Guyon Itu Hal Biasa dalam Debat

Diketahui Debat keempat Pilpres 2024 mempertemukan 3 calon wakil presiden yakni Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Debat mengangkat tema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa tersebut sangat penting.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat