androidvodic.com

Drone Emprit: Gibran Banjir Sentimen Negatif di Sosmed usai Gimik Celingukan Cari Jawaban Mahfud MD - News

News - Hasil analisa Drone Emprit, Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka mendapat sentimen negatif paling banyak di media sosial X (dulu Twitter) usai debat cawapres di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 21 Januari 2024 lalu.

Rizal Nova Mujahid Lead Analysts Drone Emprit pun mengungkap hasil analisis tersebut.

Di mana sebenarnya di awal debat, justru Gibran mendapat sentimen positif dari warganet.

"Di awal debat, saat membacakan visi misi, publik mengapresiasi (Gibran), sentimen positifnya itu sangat tinggi," kata Nova, dalam Program Overview Tribunnews, ditayangkan di YouTube Tribunnews, Kamis (25/1/2024).

Pernyataan Gibran di segmen pertama debat dianggap dibawakan dengan tenang, jernih sehingga warganet mengapresiasi.

Namun, Drone Emprit menganalisa, sentimen publik berubah seketika, ketika Gibran melakukan beberapa hal atau gimik dalam debat.

Nova menyebut, warganet menilai gimik-gimik Gibran tidak pantas dilakukan di arena debat cawapres, di hadapan Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Baca juga: The Economist Sebut Prabowo-Gibran Unggul 50 Persen, Relawan: Bahan Bakar Menjemput Kemenangan!

"Yakni soal gimik celingukan cari-cari jawaban Mahfud MD hingga gimik untuk Cak Imin yang membaca catatan dan juga menyinggung soal botol plastik dari kubu Anies-Cak Imin," lanjutnya.

Menurut Nova gimik yang menyinggung Cawapres nomor urut 1, Cak Imin tidak terlalu signifikan dampak negatif pada Gibran.

"Tetapi ketika dia mengeluarkan gimik atau gestur yang agak-agak dianggap tidak sopan pada Mahfud MD itu sentimen negatif pada publik langsung tinggi," kata Nova lagi.

Dalam analisis Drone Emprit, bertebaran kata-kata kunci di X yang meramaikan sentimen negatif Gibran, yakni cringe, songong, tidak beretika, anak haram demokrasi dan sebagainya.

Baca juga: Bagaimana Jika Presiden Jokowi Putuskan Terbuka Dukung Prabowo-Gibran? Rosan Bilang Begini

"Kalau di X itu kebanyakan tidak sepakat dengan apa yang dilakukan Gibran, itu bagi warganet termasuk salah satu bentuk yang tidak beradab pada orang tua," kata Nova.

Sentimen Negatif hingga 60 Persen

Drone Emprit menyebut dari total 142.469 penyebutan tentang Gibran, sentimen negatif mencapai angka 60 persen.

Angka tersebut hasil analisis sentimen dari percakapan di media sosial X untuk tiga cawapres pada 21 Januari 2024 dari jam 19:00 hingga 22:00.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat