androidvodic.com

KPU Respons Aksi Iriana Jokowi Acungkan 2 Jari Saat Kunjungan di Jateng: Ibu Negara Bukan Jabatan - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) merespons soal aksi istri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Iriana Jokowi yang mengacungkan dua jari.

Ketua KPU RI Hasyim Asyari menyatakan, aksi dari Iriana itu tidak bermasalah, sebab, kapasitas Iriana yang merupakan ibu negara bukanlah suatu jabatan.

"Tak ada, ibu negara kan bukan jabatan," kata Hasyim saat ditemui awak media di Kawasan Jakarta Pusat, Kamis (25/1/2024).

Diketahui, aksi Iriana Jokowi mendapat sorotan usai ibunda dari cawapres nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka tersebut mengacungkan dua jari saat kunjungan kerja ke Salatiga bersama Jokowi.

Aksi itu mendapatkan sorotan, sebab aksi tersebut dilakukan Iriana saat sedang menumpangi mobil kepresidenan dengan pelat Indonesia 01.

Baca juga: Gandeng Iriana, Kunjungan Kerja Jokowi ke Jateng Bicara Soal Makan Siang hingga Sindir Jalan Rusak

Sebelumnya, Calon wakil presiden (cawapres) 01 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) merespons soal pose simbol dua jari yang diduga diacungkan Iriana Jokowi dari dalam mobil yang tengah dikendarainya saat kunjungan kerja ke Salatiga, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024).

Ditemui di pusat budidaya ikan air tawar di Sumbergempol, Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (25/1/2024), Cak Imin mengatakan tidak pantas pejabat negara berkampanye menggunakan fasilitas negara.

Baca juga: Diberi Lagu Spesial Saat Konser NOAH, Iriana Jokowi Lambaikan Tangan Pada Ariel

Hal itu dinilai oleh Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) adalah sesuatu yang memalukan.

"Ya kalau menggunakan fasilitas negara itu yang membahayakan. Jangan berkampanye menggunakan fasilitas negara. Memalukan," ujar Cak Imin kepada awak media.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah memberikan respon soal acungan dua jari itu.

Ia mengatakan mengatakan hal tersebut merupakan sesuatu yang menyenangkan.

"Ya kan menyenangkan. Menyenangkan," kata Jokowi, usai menyaksikan penyerahan sejumlah Alutsista yang dilakukan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada TNI, di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (24/1/2024).

Jokowi tidak menjelaskan siapakah yang mengacungkan dua jari dari mobil Kepresidenan tersebut, apakah dirinya atau Iriana Jokowi.

Untuk diketahui Iriana ikut dalam kunjungan kerja Jokowi ke Jawa Tengah.

Jokowi juga tidak menjelaskan maksud dari menyenangkan tersebut.

Ia hanya mengatakan bahwa sangat menyenangkan bila bertemu masyarakat.

"Ya engga tahu, menyenangkan. Kalau ketemu masyarakat kan menyenangkan," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat