androidvodic.com

Mahfud MD Mundur, Jokowi Tegaskan Kabinetnya Masih Solid - News

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa kabinet pemerintahan yang ia pimpin sekarang ini sangat solid. Hal itu disampaikan Jokowi merespons keinginan Mahfud Md mengundurkan diri dari kursi Menko Polhukam.

"Sangat solid," kata Jokowi RSUP Tegalyoso, Klaten, Jawa Tengah, Rabu, (31/1/2024).

Terkait mundurnya Mahfud Md dari Kabinet, Jokowi mengaku sangat menghargainya. Keputusan mundur merupakan hak yang dimiliki Mahfud sebagai Menteri.

"Itu hak, saya sangat menghargai," katanya.

Meskipun demikian, Presiden Jokowi mengaku belum mendapatkan laporan resmi mengenai mundurnya Mahfud dari Kabinet Indonesia Maju (KIM).

"Sampai detik ini saya belum mendapatkan laporan," katanya.

Sebelumnya Mahfud MD mengumumkan mundur dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Kabinet Indonesia Maju Pemerintahan Jokowi-Maruf Amin

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 03 ini akan menyampaikan surat resmi pengunduran dirinya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat.

Pengunduran diri Mahfud ini merupakan komitmen mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu disebut untuk menjaga independensi selama proses Pilpres 2024.

Sebab, dirinya saat ini berstatus sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo, peserta Pilpres 2024.

Baca juga: Ganjar Sebut Jokowi Akan Ditempatkan di Posisi Terhormat Jika Jadi Presiden

Mahfud mengaku, pengunduran diri dari jabatan Menko Polhukam sebenarnya telah dibicarakan sejak dirinya diusung sebagai cawapres mendampingi Ganjar Pranowo.

Di sisi lain, pengunduran diri yang diumumkan langsung di sela kampanye akbar di Lampung Tengah, pada Rabu (31/1/2023), telah disepakati bersama dengan pasangan Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo.

Menurut Mahfud, nilai independensi selama proses pemilihan yang berlangsung pada 14 Februari dan proses setelahnya sangat penting.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat