androidvodic.com

Menerka Sosok Potensial Gantikan Mahfud MD Jadi Menko Polhukam, Ada Yusril hingga Jimly Asshidiqqie - News

News - Pengamat Politik, Ujang Komarudin bicara tentang sosok potensial untuk menggantikan Mahfud MD sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Diketahui Cawapres nomor urut tiga Mahfud MD telah menyerahkan surat pengunduran dirinya sebagai Menko Polhukam kepada Presiden Jokowi pada Kamis (1/2/2024) kemarin.

Ujang mengatakan, jika melihat latar belakang akademisi dan politisi dari Mahfud MD, maka sosok yang potensial untuk mengisi posisi Menko Polhukam di antaranya ada Yusril Ihza Mahendra.

Yusril sendiri merupakan mantan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), mantan Sekretaris Negara, serta saat ini sebagai Wakil Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

Selain Yusril, ada juga Eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) dan juga eks Anggota Dewan Pertimbangan Presiden bidang Hukum, Jimly Asshidiqie.

Ujang mengungkap kemungkinan sosok lain yang bisa dipilih Jokowi, misalnya sosok dengan latar belakang militer.

"Ya karena kita melihat dari latar belakang Pak Mahfud MD, latar belakang akademisi, latar belakang politisi yang ada juga di sosok Yusril Ihza Mahendra dan Jimly Asshidiqqie."

"Apakah ada sosok lain? mungkin. Saya melihat dari eks tentara biasanya, dari eks panglima. Pokoknya menteri kalau dari militer ya dari eks tentara."

"Kalau dari sipil ya tergantung dari presiden. Mungkin nama yang bisa dipertimbangkan adalah Prof Yusril dan Prof Jimly," kata ujang kepada Tribunnews, Jumat (2/2/2023).

Namun semua pertimbangan itu kembali pada pilihan Jokowi.

Untuk itu Ujang meminta semua pihak untuk sama-sama menunggu siapa nantinya yang akan dipilih Jokowi untuk gantikan Mahfud.

Baca juga: Pengamat Bicara Kriteria Menko Polhukam Baru Pengganti Mahfud MD: Ahli, Cakap, & Dekat dengan Jokowi

"Saya melihat kalau dari tentara ya tergantung dari Jokowi, siapa, kebiasaannya seperti itu. Oleh karena itu kita tunggu saja siapa sosok yang akan menggantikan dari dua nama tersebut."

"Kalau dari tentara tinggal di list saja eks tentara itu. Apakah misalkan, Menteri ATR (Hadi Tjahjanto, Eks Panglima TNI) digeser ke Menko Polhukam."

"Lalu mantan panglima itu bisa di list siapa yang cocok jadi Menko Polhukam, yang dekat dengan Jokowi," pungkasnya.

Baca juga: Pengamat: Langkah Mahfud MD Mundur dari Kabinet Berpotensi Diikuti Menteri Lainnya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat