androidvodic.com

Pengamat Sebut Anies dan Ganjar Bakal Tampil Menyerang saat Debat Capres Malam Ini - News

News - Analis Politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago, mengatakan debat kelima atau terakhir dalam Pilpres 2024 malam ini, Minggu (4/2/2024), akan memiliki pola yang sama seperti sebelumnya.

Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo akan melemparkan kritiknya terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Apalagi, sambung Arifki, tema yang diangkat dalam debat calon presiden (capres) ini bukan sekadar mewakili banyak segmen masyarakat.

Isu seputar Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi juga mengandung harapan masyarakat.

"Saya memprediksi Anies dan Ganjar bakal menyerang. Tema debat terakhir ini tidak hanya isu yang mewakili banyak segmen masyarakat."

"Tetapi juga, ada harapan dari yang dibicarakan oleh para capres. Respons terhadap ketersediaan lapangan kerja dan kesejahteraan sosial positioning dari narasi Ganjar dan Anies," katanya, Minggu (4/2/2024).

Lebih lanjut, Arifki menilai Anies dan Ganjar lebih diuntungkan dalam debat kali ini karena sudah berpengalaman sebagai kepala daerah.

Meski begitu, mereka juga memiliki tantangan untuk mempertanggungjawabkan kinerjanya selama menjabat sebagai gubernur.

Sementara itu, Prabowo Subianto yang tak memiliki beban soal tema ini bisa memanfaatkannya untuk melihat kelemahan Anies dan Ganjar.

"Anies bakal banyak bicara pendidikan. Tetapi, isu ini bakal menjadi ruang debat bagi Ganjar dan Prabowo. Sedangkan Ganjar pun bakal mendapatkan tantangan menjelaskan isu kemiskinan di Jawa Tengah."

"Meskipun secara isu Anies dan Ganjar bakal lebih vokal dari Prabowo soal isu ini. Tetapi, Prabowo tidak memiliki beban menjelaskan isu-isu tersebut dari pada Anies dan Ganjar, " sambung Arifki.

Baca juga: Profil Andromeda Mercury dan Dwi Anggia, Moderator Debat Capres Terakhir 4 Februari 2024

Informasi soal Debat Kelima Pilpres 2024

- Jadwal debat: Minggu, 4 Februari 2024 pukul 19.00 WIB.

- Tema: Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

- Lokasi: JCC Senayan, Jakarta Pusat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat