androidvodic.com

Putra Ganjar Pranowo Harap Olahraga Elektronik Bisa Menjelma Jadi Ekosistem Industri Menjanjikan - News

News, JAKARTA - Putra dari capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Muhammad Zinedine Alam Ganjar menghadiri kegiatan SatSet Mabar di Boyolali, Jawa Tengah pada Minggu (4/2/2024).

Dalam kesempatan itu Alam berbicara soal bagaimana meningkatkan ekosistem olahraga elektronik alias eSport yang dewasa ini banyak digandrungi oleh anak muda.

"Kita baru fun match SatSet Mobile Legends sama temen-temen terus talkshow bicara soal eSports kira-kira bagaimana kita bisa berkolaborasi untuk meningkatkan ekosistem eSports di Indonesia," kata Alam.

Ia menyampaikan bagaimana asosiasi dan industri bisa berkolaborasi di segala sektor agar eSports bisa terus berjalan. 

Menurutnya, penting mengubah stigma masyarakat terutama orangtua dengan menormalisasi hal yang dianggap jarang, serta memperbanyak aktivasi yang memiliki benefit secara finansial supaya bisa menguntungkan satu sama lain.

"Potensinya sangat besar tapi bagaimana kita bisa fokus terhadap ekosistem yang belum teroptimalisasi dengan baik karena melihat banyaknya stigma orang tua yang masih meragukan masa depan anaknya untuk terjun di dunia eSports," ungkap Alam.

Dengan demikian, jika eSports bisa menciptakan ekosistem industri yang berkelanjutan dengan menjamin kesejahteraan, menurutnya, hal tersebut bisa menjadi ladang kreasi dan industri yang turut serta berkontribusi pada pembukaan lapangan kerja secara masif.

Selain itu, lanjutnya, kolaborasi antar stakeholder baik keterlibatan yang meliputi individu, komunitas, asosiasi, swasta dan pemerintah dibutuhkan guna mengembangkan ekosistem eSports yang berkelanjutan. 

Di sisi lain, infrastruktur juga memegang peranan penting untuk meningkatkan fasilitas yang bisa mengisi kekurangan.

"Seperti contoh internet di industri eSports ini sangat bergantung besar sama akses dan kecepatan dari internet yang harus cepat dan terjangkau, nggak cuma di kota saja, tapi juga tempat-tempat pelosok daerah terkecil karena banyak sekali teman-teman mulai tergantung dengan keberadaan internet," terang Alam.

Alam berharap ke depan akan ada tempat yang bisa menyalurkan segala bentuk kreativitas anak muda dalam satu wadah. Dengan demikian, selain ilmu akademik yang diperoleh lewat pendidikan formal, juga selaras diupayakan peningkatan soft skill bagi para generasi muda.

Baca juga: Cerita Alam Ganjar ingin Jadi Pro Player, Bentuk Tim eSports dan Wakili Indonesia di Turnamen Global

"Masih kurangnya juga tempat anak muda untuk berkreasi, harapannya tetap harus ada kreatif hub yang bisa memfasilitasi temen-temen untuk berkarya, entah itu sebagai inkubasi bisnis, ekonomi kreatif dan tempat umum yang biasa digunakan untuk anak muda untuk berkarya," pungkas Alam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat