androidvodic.com

Aktivis, Dosen, dan Tokoh Bangsa Gelar Diskusi Bertema Manifesto Kebangsaan - News

Aktivis, Dosen, dan Tokoh Bangsa Gelar Diskusi Bertema Manifesto Kebangsaan

Glery Lazuardi/News

News - Sejumlah aktivis pemuda, dosen, dan tokoh bangsa, menggelar diskusi publik bertema "Manifesto Kebangsaan: Menjaga Api Demokrasi Tetap Menyala", bertempat di Jakarta Concert Hall, Jakarta pada Jumat (9/2/2024).

Kegiatan ini menghadirkan sejumlah pembicara seperti Prof. Frans Magnis Suseno, Prof. Dr. R. Siti Zuhro, MA, dan Bivitri susanti.

Acara ini dilaksanakan sebagai bentuk respon keadaan politik Indonesia menjelang penyelenggaraan Pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Baca juga: Sambangi PGI, Ganjar Ungkit Buku Karya Franz Magnis Berjudul Etika Politik

Peneliti Utama Politik Badan Riset dan lnovasi Nasional (BRIN), Siti Zuhro mengkritik keadaan demokrasi Indonesia akhir-akhir ini yang semakin meresahkan.

"Siapapun yang membawa pemilu kita kali ini pada arah perpecahan bangsa, mari kita lawan bersama,” kata Siti Zuhro, dalam keterangannya pada Jumat (9/2/2024).

Pakar Hukum Bivitri Susanti mengatakan demokrasi di Indonesia belakangan ini hanya dimaknai sebagai bangunan kekuasaan saja.

"Tidak ada kebebasan sipil untuk secara formal ikut membuat undang-undang. Banyak ketidakadilan terjadi di negeri ini," kata dia.

Bivitri menyoroti berbagai pembuatan Undang-Undang yang tidak demokratis di era rezim saat ini, seperti UU KPK, UU KUHP, dan UU lainnya.

"Kita harus tetap berpolitik tiap hari, yaitu politik perlawanan terhadap ketidakadilan, itulah politik kewargaan," ujar Bivitri Susanti.

Di kesempatan itu, tokoh bangsa, Prof. Franz Magnis-Suseno atau yang akrab disapa Romo Magnis juga memberikan pandangan mengenai kondisi demokrasi Indonesia.

Perwakilan SAMC yang juga Sekjen DPP IMM
Zaky Nugraga, mengatakan diskusi ini adalah kartu  kuning pada kekuasaan dan kepada siapapun yang mencoba memadamkan demokrasi di Indonesia.

“Ketika nanti waktunya, kami akan turun ke jalan bersama Ribuan Aktivis Mahasiswa yang terus kami konsolidasikan hingga hari ini," ujarnya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat