androidvodic.com

Ganjar Berduka, Seniman Solo Perankan Semar saat Kampanye Meninggal, Ajak Masyarakat Hening Cipta - News

News - Calon presiden (capres) nomor urut 03 Ganjar Pranowo turut berduka atas meninggalnya salah satu seniman asal Solo, Jawa Tengah kala ikut memeriahkan kampanye Pilpres 2024.

Diketahui seniman tersebut bernama Blacius Subono yang juga seorang budayawan dan dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Blacius Subono diketahui meninggal saat memerankan tokoh Semar dalam kampanye Ganjar-Mahfud MD di Solo Jawa Tengah, Sabtu (10/2/2024).

Atas berpulangnya Blacius Subono, Ganjar mengaku terpukul.

"Saya terharu dan sangat terpukul karena salah satu aktor yang memerankan semar meninggal dunia," ujar Ganjar Pranowo di depan ribuan pendukungnya saat melanjutkan kampanyenya di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (10/2/2024) siang dikutip dari WartaKotaLive.com.

Ganjar pun mengajak para pendukung untuk bersama-sama mendoakannya.

"Saya ingin semua berdoa kepada Allah SWT agar almarhum diterima di sisi Allah SWT. Pak Bono seorang aktor dia seorang seniman yang gigih, Pak Rudy bilang dia menyiapkan persiapan (rangkaian kegiatan hiburan kampanye) ini dengan baik dengan semangat yang luar biasa," ujar Ganjar sambil meminta masyarakat untuk mengheningkan cipta sejenak.

Kronologi Meninggalnya Blacius Subono

Diketahui Blacius Subonomeninggal dunia seusai melakukan pentas seni.

Adapun dirinya didapuk menjadi tokoh pewayangan, Semar.

Humas ISI Surakarta Esha Karwinarno mengonfirmasi yang bersangkutan meninggal dunia pukul 09.15 WIB.

Baca juga: Disopiri FX Rudy, Ganjar-Mahfud Konvoi Keliling Kota Solo Bersama Warga

"Meninggal seusai pentas, sekira pukul 09.15 WIB," ujar Esha, Sabtu (10/2/2024).

Blacius Subono diketahui meninggal dunia saat berada di atas panggung pagelaran Hajatan Rakyat dalam rangka kampanye Ganjar-Mahfud di depan Balai Kota Solo.

Sesaat setelah pentas seni selesai, Blacius Subono disebutkan mengikuti prosesi penyerahan wayang kepada Ganjar dan Mahfud, di panggung.

Dalam prosesi tersebut, dirinya satu panggung dengan Ganjar, Mahfud MD hingga Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat