androidvodic.com

Pengakuan Sultan HB X Diminta Fasilitasi Pertemuan Jokowi dengan Megawati - News

News - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X memberikan pengakuan soal dirinya diminta untuk memfasilitasi pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Umum PDI-Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Adapun permintaan itu, kata Sri Sultan HB X, disampaikan langsung oleh Jokowi saat melakukan pertemuan tertutup selama satu jam dengan Sri Sultan HB X di Kraton Yogyakarta, Minggu (28/1/2024).

"Betul (diminta Presiden untuk memfasilitasi pertemuan dengan Megawati)," ungkap Sri Sultan HB X saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin (12/2/2024).

Kendati demikian, Sri Sultan HB X memilih untuk berada pada posisi yang pasif, yakni menunggu kelanjutan kabar dari Jokowi.

"Tapi saya kan sifatnya pasif. Lha kalau presiden (katakan) 'Tolong mbok saya dianter', misalnya. (Kalau) nggak ada (pertemuan), ya nggak (perlu saya fasilitasi) to."

"Terserah bapak presiden sendiri, saya kan pasif bukan ngoyak-oyak (mengejar)," kata Sri Sultan HB X.

Pihaknya juga mengaku bersedia jika Jokowi memerlukan bantuannya.

"Tapi kan saya nunggu presiden. Kalau memang presiden memerlukan (untuk difasilitasi), saya bersedia, kan hanya itu. Kalau enggak ya nggak apa-apa. Udah gitu aja," jelas Sri Sultan HB X.

Sri Sultan HB X juga menegaskan, pertemuan dengan Megawati merupakan inisiatif dari Presiden Jokowi.

"Berarti bukan saya yang mengambil inisiatif to, yang mengambil inisiatif kan bapak presiden sendiri. Ya terserah bapak presiden, mau perlu ketemu Mbak Mega yang saya fasilitasi nggak, kan gitu."

"Kalau bisa ketemu sendiri kan ya syukur," lanjut Sri Sultan HB X.

Baca juga: Profil Sri Sultan Hamengku Buwono X, Diminta Jokowi Menjembatani Pertemuan dengan Megawati

Momen Pertemuan dengan Jokowi

Diketahui, Sri Sultan HB X dan Jokowi memang pernah bertemu di Kraton Kilen, Yogyakarta, pada Minggu (28/1/2024) lalu.

Adapun pertemuan itu terjadi setelah tiga capres peserta Pilpres 2024 menemui Sri Sultan HB X di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta dalam rentang waktu Desember 2023 sampai pertengahan Januari tahun ini.

Sri Sultan HB X bahkan juga mengakui kedatangan Jokowi menemui dirinya di Kraton Kilen untuk membahas persoalan politik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat