androidvodic.com

Buka 24 Jam, RSCM Siap Berikan Pelayanan Kesehatan Emergency Petugas KPPS - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menyediakan pelayanan kesehatan emergency 24 jam untuk petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bertugas pada Pemilu 2024.

Hal ini diungkapkan oleh Manajer Hukum dan Humas RSCM Uud Cahyono. 

"Untuk pelayanan kesehatan bagi petugas kita di rumah sakit, layanan emergency kita 24 jam,"ungkapnya saat diwawancari Tribunnews di RSCM Jakarta Pusat, Rabu (14/1/2024). 

Layanan kesehatan ini diberikan jika terdapat situasi kedaruratan atau gangguan kesehatan dari petugas KPPS selama bertugas. 

Uud mengatakan layanan ini terbuka tidak  hanya untuk petugas KPPS di TPS Khusus RSCM

Tapi, juga pada petugas KPPS yang bertugas di mana pun. 

"Kalau ada gangguan kesehatan di TPS mana pun, rumah sakit kita siap menerima layanan kesehatan," pungkasnya. 

Sebagai informasi, Kementerian Kesehatan melalui lintas program telah menyediakan seluruh bidang kesehatan untuk mendukung anggota KPPS dalam menjalankan tugasnya.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Primer dr. Obrin Parulian.

Khusus Pemilu 2024, layanan kesehatan seperti puskesmas akan dibuka selama 24 jam dengan mekanisme yang dikoordinasikan bersama untuk pemeriksaan kesehatan.

Baca juga: Deretan Aksi Unik Artis saat Nyoblos, Ada yang Naik Dokar ke TPS hingga Pakai Tinta Sampai Lengan

Pihaknya juga menyiagakan seluruh fasilitas layanan kesehatan jika nanti ada permasalahan di lapangan.

Sudah ada tim dari pusat krisis dan jejaringnya yang siap. 

"Kemudian, kita di puskesmas, di rumah sakit, siap untuk memberikan pelayanan khusus untuk Pemilu ini. Puskesmas pun kita diadakan 24 jam,” kata dr. Obrin.

Kementerian Kesehatan juga sudah memiliki sistem dan melakukan kesiapsiagaan untuk melayani 5.741.127 anggota KPPS yang tersebar di 820.161 TPS. 

“Untuk di setiap TPS, apakah ada posko? Itu tidak, tapi nanti akan ada kesiagaan ini semua dibangun, termasuk penempatan tim terdekat setiap TPS, kita ada mapingnya nanti, termasuk kesiagaan ambulans, yah," tambah Obin. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat