androidvodic.com

Pasokan Listrik di Babel Dipastikan Aman Saat Hari Pemungutan Suara Pemilu 2024 - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA berupaya memastikan pasokan listrik aman selama hari pencoblosan Pemilu 2024.

Safrizal ZA didampingi Kapolda Babel dan Danrem 045/Garuda Jaya beserta unsur Forkopimda Kep. Babel melakukan peninjauan ke PLTU Air Anyir, Kabupaten Bangka.

"Peninjauan ke pembangkit listrik utama dari sistem distribusi listrik di Bangka Belitung untuk melakukan inspeksi dan koordinasi lapangan secara konkret," ujar Safrizal melalui keterangan tertulis, Rabu (14/2/2024).

"Upaya ini untuk memastikan suplai listrik di Pulau Bangka ini terjamin dan tidak ada gangguan sesuatu apapun, khususnya pasokan listrik, sehingga pelaksanaan Pemilu di tanggal 14 Februari dapat berjalan dengan lancar," tambah Safrizal.

Baca juga: Jelang Pemungutan Suara Pemilu, Ikatan Dokter Indonesia Ingatkan Jajaran dan Anggota Tetap Netral

Kemampuan listrik PLTU ini, kata Safrizal, sebesar 180 megawatt.

Pasokan listrik tersebut bersumber dari 50 megawatt dari jalur Sumatera dan 130 megawat diproduksi dari pembangkit listrik Bangka.

"Kebutuhan kita 180 megawatt, berarti tetap gunakan listrik dengan hemat, karena pasokan listrik kita ini bersumber dari batu bara. Jadi kita tetap menganjurkan kepada masyarakat untuk menghemat listrik," katanya.

Menurutnya, sepanjang kondisi normal, dan tidak ada pemutusan transmisi dari Sumatera kemudian tidak ada bencana alam di Bangka dan Belitung maka suplai listrik ini aman.

Baca juga: TPS Terdampak Banjir, Pemungutan Suara Pemilu 2024 di Demak Ditunda

Meskipun terdapat beberapa daerah yang tak terjangkau oleh PLN, namun relatif aman.

"Ada beberapa daerah yang tak terjangkau, karena transmisi tak sampai ke sana, sehingga beberapa pulau kecil melalui inisiatif masyarakat setempat berswadaya menggunakan genset. Sementara untuk pulau yang agak besar, seperti pulau Lepar sudah masuk jaringan listrik dengan pulau Bangka," jelasnya.

Hal senada dijelaskan oleh General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (PLN UIW Babel) Mohammad Munief Budiman, bahwa untuk Pulau Bangka sebagian besar sudah terjangkau aliran listrik.

Guna menghadapi Pemilu 2024, PLN Bangka telah menyiapkan personil dengan peralatan dan material pengganti yang dialokasikan dibeberapa lokasi, diantaranya KPU Tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, PPK, TPS. Sementara di KPU, pihaknya akan menyiapkan genset dan UPS.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat