androidvodic.com

Agus Gumiwang Nilai Secara Logika Jumlah Menteri dari Golkar di Kabinet Mendatang Bertambah - News

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

News, JAKARTA - Menteri Perindustrian yang juga Wakil Ketua Umum Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita mengaku belum tahu apakah partainya sudah mengusulkan Menteri kepada Capres-Cawapres terpilih Prabowo-Gibran untuk periode 2024-2029.

Menurut Agus, usulan Menteri merupakan urusan Ketua Umum Partai. Selain itu kata dia penentuan Menteri merupakan hak prerogatif Presiden.

Baca juga: Prabowo Temui SBY di Pacitan Jawa Timur, AHY Bantah Ada Obrolan Jatah Kursi Menteri

"Kalau menteri itu urusannya ketua umum yang mengusulkan. Yang mengusulkan menteri itu Ketua Umum, tapi Menteri itu kan hak prerogatif dari Presiden, termasuk sekarang presiden terpilih," katanya usai rapat intern di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (19/2/2024).

Agus Gumiwang tidak menepis adanya prediksi bahwa jumlah Menteri dari Partai Golkar akan bertambah di kabinet. Mengingat, raihan suara Partai Golkar pada Pileg 2024 berdasarkan hasil hitung cepat meningkat signifikan dibanding raihan pada Pilpres 2019.

Baca juga: Pakar Komunikasi Politik: Suara Golkar Naik Berkat Keahlian Airlangga Tarik Jokowi Lovers

Berdasarkan hasil hitung cepat Litbang Kompas, Golkar mendapatkan suara 14,62 persen. Sementara pada Pileg 2019 Golkar hanya meraih suara 12,31 persen.

"Ya logikanya sih seperti itu ya, tetapi nanti itu kan tergantung dari presiden terpilih," katanya.

Agus tidak menjawab soal komunikasi Golkar dengan Prabowo-Gibran terkait kursi Kabinet. Ia mengatakan selama ini hanya bertugas sebagai tim pemenangan Prabowo-Gibran di daerah.

"Oh saya kan kerja untuk pemenangan. Jadi itu aja ya di beberapa daerah yang jadi tugas saya utk pilpres, di luar atribut saya sebagai menteri," katanya.

Untuk diketahui representasi Partai Golkar di Kabinet Indonesia Maju (KIM) saat ini terdiri dari 3 Menteri dan satu Wakil Menteri. Ketiga Menteri tersebut yakni Menko Perekonomian  yang dijabat Airlangga Hartarto, Menpora yang dijabat Dito Ariotedjo, dan Menteri Perindustrian yang dijabat Agus Gumiwang. Selain itu ada satu Wakil Menteri yakni Jerry Sambuaga, yang menjabat Wakil Menteri Perdagangan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat