androidvodic.com

PDI Perjuangan Diprediksi Bakal Jadi Oposisi Jika Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024 - News

Laporan Wartawan News, Fersianus Waku

News, JAKARTA - Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno memprediksi PDI Perjuangan (PDIP) akan menjadi oposisi jika pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka terpilih di Pilpres 2024.

Adi mengatakan, PDIP memiliki kebiasaan menjadi oposisi apabila kalah dalam kontestasi Pemilu.

"Pertama, DNA PDIP oposisi jika kalah Pemilu. Itu artinya sangat potensial PDIP oposan di era Prabowo-Gibran," kata Adi kepada News dikutip pada Senin (19/2/2024).

Selain itu, dia menuturkan, pernyataan Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto mempertegas sikap PDIP akan menjadi oposisi.

"Kedua, pernyataan Hasto PDIP siap oposisi jadi penegas PDIP sepertinya di luar kekuasaan di 2024," ujar Adi.

Sebelumnya, Hasto mengatakan, PDIP siap berjuang sebagai oposisi untuk menjalankan tugas check and balance jika pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo - Mahfud MD kalah.

Hasto menjelaskan, berkaca pada periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), kekuasaan yang terpusat memunculkan kemampuan untuk melakukan manipulasi.

Sehingga, kata dia, kekuasaan dan kritik dalam konteks kebijakan dan implementasinya dibutuhkan check and balance.

Hasto menegaskan, menjadi oposisi adalah suatu tugas patriotik dan pernah dijalani PDIP setelah Pemilu 2004 dan Pemilu 2009.

Baca juga: PPP Akan Jadi Oposisi? Sandiaga Uno: Konsultasi Dulu ke Kiai

“Ketika PDIP berada di luar pemerintahan tahun 2004 dan 2009, kami banyak diapresiasi karena peran serta meningkatkan kualitas demokrasi. Bahkan, tugas di luar pemerintahan, suatu tugas yang patriotik bagi pembelaan kepentingan rakyat itu sendiri,” kata Hasto dalam tayangan Satu Meja di Kompas TV, pada Rabu (14/2/2024) malam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat