androidvodic.com

Demokrat Tegaskan Buku Merah Karya SBY Tak Ada Kaitan dengan Dilantiknya AHY Jadi Menteri ATR/BPN - News

Laporan Wartawan News, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Partai Demokrat merespons buku berjudul "Pilpres 2024 dan Cawe-Cawe Presiden Jokowi", karangan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menjadi sorotan, setelah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dilantik menjadi Menteri ATR/BPN.

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani menegaskan, tak ada kaitan antara buku karya SBY itu dengan dilantiknya AHY menjadi menteri.

"Buku Pak SBY yang berjudul The President Can Do No Wrong Pilpres 2024 & Cawe-Cawe Presiden Jokowi sejatinya tak ada kaitannya dengan dilantiknya Mas Ketum AHY sebagai Menteri ATR/BPN," kata Kamhar saat dihubungi News, Kamis (22/2/2024).

Kamhar mengungkapkan, buku tersebut berisi tentang pandangan-pandangan SBY sebagai seorang negarawan sejati, dalam merespons bagaimana seorang presiden mestinya menempatkan diri dalam menghadapi kontestasi Pemilu agar derajat dan kualitas demokrasi senantiasa terjaga.

"Partai Demokrat dan Pak SBY senantiasa konsisten dalam menjaga dan memperjuangkan demokrasi," ujar Kamhar.

Baca juga: Isi Buku SBY Berjudul Pilpres 2024 & Cawe-cawe Presiden Jokowi yang Disorot Setelah AHY Jadi Menteri

Sementara, lanjut Kamhar, terkait penunjukan AHY menjadi Anggota Kabinet sepenuhnya menjadi hak prerogatif kepala negara.

Sebab, Presiden Jokowi tentu memiliki berbagai pertimbangan dalam menunjuk siapa saja yang akan membantunya di kabinet.

Termasuk dalam menunjuk Ketua Umum Partai Demokrat AHY sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang.

"Kami percaya Mas Ketum AHY bisa mengemban mandat dan penugasan ini dengan baik. Meskipun sisa waktu yang tersedia sangat singkat, kami meyakini di Kementrian ATR ini Mas Ketum AHY bisa berbuat banyak untuk rakyat, bangsa dan negara," kata Kamhar.

Untuk diketahui buku setebal 27 halaman itu diluncurkan oleh SBY pada (26/7/2023).

Baca juga: Fakta AHY Dilantik Jokowi jadi Menteri ATR/BPN: Di Rabu Pon, SBY Tak Hadir, Baru Diberitahu Kemarin

Dalam buku bercover hitam dan merah itu berisi pandangan SBY mengenai sikap Presiden Jokowi menjelang Pemilu 2024.

SBY secara blak-blakan menyebut Jokowi tidak menginginkan Anies Baswedan menjadi Capres 2024.

Selain itu, buku tersebut juga membahas soal isu Jokowi yang mendukung sejumlah pihak untuk menjadi capres dan cawapres.

Buku ini kembali menjadi perbincangan di media sosial seusai AHY resmi dilantik menjadi Menteri di Kabinet Jokowi.

AHY dilantik sebagai Menteri ATR/ BPN oleh Presiden Jokowi menggantikan Hadi Tjahjanto yang digeser menjadi Menkopolhukam.

Jokowi telah melantik dua menteri tersebut yang akan membantunya dalam pemerintahannya bersama Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin pada sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024.

Pelantikan para menteri sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 34/PTahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Keppres tersebut ditetapkan oleh Presiden Jokowi di Jakarta pada 20 Februari 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat