androidvodic.com

Pertarungan Caleg Anak-Cucu Presiden di Pemilu: Trah Soekarno hingga SBY, Ini Perolehan Suara Mereka - News

News, JAKARTA - Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 tak hanya menampilkan pertarungan antar-politisi senior, maupun para artis, melainkan juga diramaikan oleh keluarga presiden dan wakil presiden RI.

Tercatat, ada . Anak, cucu, cicit, hingga menantu dari presiden dan wakil presiden yang pernah menjabat ramai-ramai mengajukan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg).

Di antara mereka ada yang merupakan pendatang baru, ada juga wajah lama yang sudah malang melintang di Senayan.

Mereka maju melalui partai dan daerah pemilihan (dapil) yang berbeda-beda, ada yang di Golkar, Gerindra, hingga PDIP.

Dari trah Presiden pertama RI, Soekarno, misalnya, ada Puan Maharani, cucu Soekarno yang tak lain putri dari Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri.

Puan mencalonkan diri lewat PDI Perjuangan di dapil Jawa Tengah (Jateng) V yang meliputi Kabupaten Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan Surakarta.

Tak hanya Puan, putrinya yang bernama Diah Pikatan Putri Haprani atau Pinka Haprani, turut menjajal peruntungan.

Cucu Megawati sekaligus cicit dari Soekarno itu maju lewat PDI-P dapil Jawa Tengah IV yang meliputi Kabupaten Karanganyar, Sragen, dan Wonogiri.

Bagi Puan Maharani, pemilu legislatif bukanlah hal yang baru.

Hasil Pileg 2019 bahkan telah mengantarkan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI-P Bidang Politik dan Keamanan tersebut sebagai Ketua DPR RI masa jabatan 2019-2024.

Dari keluarga Presiden kedua RI Soeharto, ada putri Soeharto, Siti Hediati Soeharto atau lebih dikenal sebagai Titiek Soeharto. Titiek maju lewat Partai Gerindra dapil DI Yogyakarta.

Sementara mewakili keluarga Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), putra bungsu SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, kembali berkontestasi.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat sekaligus anggota Komisi V DPR RI ini maju lewat dapil Jawa Timur VII yang meliputi Kabupaten Ngawi, Ponorogo, Trenggalek, Pacitan, dan Magetan.

Ibas bahkan mencatat suara terbanyak di Pileg kali ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat