androidvodic.com

Anggota PPLN Jeddah Ungkap Adanya Pemusnahan Surat Suara dengan Cara Direndam Air - News

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

News, JAKARTA - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Jeddah mengungkapkan terjadinya upaya pemusnahan sejumlah surat suara yang tidak digunakan untuk memilih, dengan cara direndam air.

Hal tersebut diungkapkan seorang wanita yang merupakan petugas PPLN Jeddah, dalam rapat rekapitulasi perolehan sura luar negeri di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2024).

Baca juga: Catatan Bawaslu Soal Dugaan Pelanggaran Administrasi Proses Pemungutan Suara di PPLN Islamabad

Anggota PPLN Jeddah Siti Rahmawati mengatakan, kejadian itu terjadi pada pukul setengah tiga pagi waktu setempat.

Ia menyebut, terdapat beberapa surat suara yang tidak digunakan untuk memilih.

"Teman-teman KPPSLN, pengawas dan saksi itu sudah bekerja lebih dari 15 jam. Nah, kondisinya di TPS 1 dan 2 itu ada surat suara yang tidak digunakan," kata wanita tersebut melaporkan kepada Ketua KPU Hasyim Asy'ari.

Baca juga: 7 Anggota PPLN Jadi Tersangka, KPU Langsung Tindak Lanjuti ke DKPP

Petugas PPLN itu kemudian mengungkapkan, beberapa saksi lantas mendesak para panitia PPLN untuk memusnahkan surat suara itu. Adapun saksi-saksi tersebut, di antaranya saksi partai politik (parpol) sebanyak 4 orang dan 3 orang saksi pasangan calon (paslon).

Dijelaskan lebih lanjut, para saksi ingin memusnahkan surat suara yang tidak digunakan tersebut guna memastikan tidak bisa digunakan lagi.

Di sisi lain, anggota PPLN Jeddah itu menyebut, mereka telah memberitahukan para saksi tersebut untuk mematuhi aturan, bahwa surat suara yang tidak digunakan itu harus disilang.

 "Kita sudah ucapkan, namun saksi mendesak ingin dimusnahkan dengan dasar kepercayaan supaya kita yakin surat suara itu tidak digunakan lagi," ungkap Siti.

"Akhirnya desakan saksi jam setengah 3 pagi dengan kondisi kita semua lelah yang membuat itu terjadi," sambungnya.

Selanjutnya, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari sempat juga mengonfirmasi soal video viral yang memperlihatkan beberapa ibu-ibu merendam air di KJRI Jeddah, beberapa waktu lalu.

"Yang mencelup ( memusnahkan surat suara tak terpakai) semua perempuan ya? siapa itu?" tanya Ketua KPU.

"Itu adalah shelter Pak, shelter kirinya," jawab Siti.

Baca juga: Nonaktifkan PPLN, KPU RI Ambil Alih Proses Pemungutan Suara Ulang di Kuala Lumpur

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat