androidvodic.com

Nama Istri Kaesang Masuk Bursa Pilkada Sleman, Erina Gudono Didekati Gerindra - News

News - Ketua DPC Gerindra Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, HR Sukaptana, mengungkapkan nama istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono, termasuk sosok yang dipertimbangkan untuk diusung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Sukaptana mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan komunikasi internal dan pendekatan terhadap nama-nama yang berpotensi diusung partainya sebagai calon Bupati Sleman.

Nama-nama itu termasuk menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Dimungkinkan mengusung Erina Gudono. Kami komunikasi internal sambil pendekatan," ungkap Sukaptana, Kamis (7/3/2024), dikutip dari TribunJogja.com.

Selain Erina, pengurus DPP Gerindra yang juga calon legislatif (caleg) DPRD DIY, Lisman Puja Kesuma, masuk pertimbangan.

Tak hanya itu, Sukaptana juga mengaku siap jika mendapat restu dari DPP Gerindra untuk maju Pilkada 2024 Sleman.

"Saya sendiri siap, kalau memang ada kecocokan dengan yang lain. Dan saya juga menunggu perintah dari DPP," pungkas dia.

Dari segi usia berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota Menjadi UU, usia Erina sudah masuk kriteria.

Dalam pasal 7 UU Nomor 10 Tahun 2016, menjelaskan bahwa salah satu syarat maju sebagai bupati adalah calon berusia minimal 25 tahun.

Saat ini, Erina diketahui berusia 27 tahun.

"Berusia paling rendah 30 (tiga puluh) tahun untuk Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur, serta 25 (dua puluh lima) tahun untuk Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati serta Calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota," bunyi pasal 7 UU Nomor 10 Tahun 2016, dikutip dari situs resmi Mahkamah Konstitusi (MK).

Baca juga: Kaesang dan Erina Gudono Selesai Nyoblos, Berharap Pilpres Sekali Putaran

Bursa Pilkada 2024 Sleman

Sementara itu, PAN mengungkapkan pihaknya telah memiliki calon prioritas yang akan diusung dalam Pilkada 2024 Sleman.

Calon itu adalah istri mantan Bupati Sleman Sri Purnomo, Kustini Sri Purnomo.

Kustini sendiri saat ini tengah menjabat sebagai Bupati Sleman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat