androidvodic.com

Elektabilitas Anies Baswedan Masih Paling Tinggi di Jakarta, Pengamat: Pesaingnya Cuma Ahok - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

News, JAKARTA - Pengamat politik Adi Prayitno mengatakan, sampai saat ini elektabilitas Anies Baswedan paling tinggi di Jakarta. 

Hal ini terkait peta politik jelang pemilihan gubernur (Pilgub) DKI 2024, dimana nama Anies disebut-sebut masih potensial untuk kembali maju sebagai Gubernur Jakarta.

Direktur Parameter Politik Indonesia itu tidak menjelaskan secara detail perolehan angka tertinggi elektabilitas Anies, yang dimaksudnya itu.

Namun, ia menegaskan, belum ada figur lain yang secara signfikan mengancam elektabilitas Anies.

Adapun sosok yang paling mampu bersaing secara elektabilitas dengan Gubernur Jakarta periode 2017-2022 itu adalah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, yang merupakan Gubernur DKI Jakarta periode 2014-2017

"Itu mengacu pada survei kami bulan November 2023 lalu. Yang relatif bisa mendekati Anies elektabilitasnya adalah Ahok. Itu kalau bicara angka. Ke depan kalau nama-nama calon mulai mengerucut peta politik bisa berubah," kata Adi, saat dihubungi News, pada Minggu (17/3/2024).

Meski Ahok terpantau mampu bersaing, Adi mengatakan, belum tentu politisi PDI Perjuangan itu direstui partainya untuk kembali maju di Jakarta.

"Problemnya apakah PDIP mau usung Ahok lagi? Belum tentu juga," ucapnya.

Lebih lanjut, Adi menyoroti, ada beberapa sosok potensial lain, seperti Ridwan Kamil (RK) dari Golkar, Riza Patria dan Sarah dari Gerindra yang berkemungkinan bisa menjadi lawan serius bagi Anies Baswedan.

"Tinggal Golkar mau usung RK atau tidak. Di samping itu jangan sepelekan jagoan dari Gerindra, ada Riza Patria dan Sarah potensial diusung. Sebagai partai yang menang pilpres, jagoan Gerinda layak diwaspadai karena bisa memberikan kejutan tak terduga," ucap Adi.

Anies dan Ahok diprediksi kembali maju

Ahok dan Anies Baswedan diprediksi kembali bertarung di Pilkada DKI Jakarta 2024 ini.

Seperti diketahui Anies dan Ahok pernah jadi calon gubernur di Pilkada DKI 2017.

Saat itu Ahok berpasangan dengan calon wakil gubernur Djarot Saiful Hidayat yang diusung PDIP.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat