androidvodic.com

KPU Tetapkan Hasil Pemilu 2024 Hari Ini, Yakin Rekapitulasi 2 Provinsi Terakhir Berjalan Lancar - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

News, JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asyari yakin dua provinsi terkahir yang akan melakukan rekapitulasi suara nasional hari ini, Rabu (20/3/2024) bakal berjalan lancar.

Sebab dua provinsi yang tersisa, Papua dan Papua Pegunungan hanya memiliki jumlah daerah pemilihan (dapil) yang sedikit.

Berbeda seperti dapil Provinsi Jawa Barat yang baru rampung rekapitulasi nasional, Rabu dini hari, misalnya.

"Ini kan dapil untuk DPR hanya satu daerah pemilihan, berbeda dengan Jawa Barat yang 11 Dapil. Tentu memakan waktu yang relatif lebih panjang daripada untuk pemilu di Papua dan Papua Pegunungan," ujar Hasyim di kantornya di sela rapat pleno rekapitulasi suara nasional, Selasa (19/3/2024) malam.

Baca juga: Hari Ini KPU Umumkan Hasil Pemilu 2024, Simak Perolehan Suara Capres-Cawapres Seluruh Provinsi

Ia berharap rekapitulasi berlangsung lancar supaya pihaknya dapat segera menetapkan hasil pemilu secara keseluruhan pada batas waktu yang sudah ditentukan, yakni 35 hari setelah pemungutan suara yang jatuh pada 20 Maret 2024.

"Moga-moga bisa lancar dan tepat waktu sehingga kita masih bisa menetapkan hasil pemilu secara nasional atau pada tingkat nasional sesuai dengan kerangka waktu yang ditentukan UU," tuturnya.

Baca juga: Golkar Setuju dan Dukung Hasil Resmi Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Dari KPU

Sebagai catatan, KPU RI sudah merekapitulasi hasil Pilpres 2024 dari 36 provinsi.

Hasilnya, pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran unggul di 34 provinsi dan luar negeri.

Anies-Muhaimin unggul di dua provinsi saja, yakni Aceh dan Sumatera Barat. Adapun pasangan Ganjar-Mahfud keok di semua provinsi.

Berdasarkan hasil penghitungan awak media terhadap data dari 36 provinsi itu, diketahui bahwa Prabowo-Gibran meraup 95.085.401 suara atau 58,58 persen dari total suara sah.

Anies-Imin mendapatkan 40.619.950 suara atau 25,02 persen. Urutan buncit, Ganjar-Mahfud meraih 26.687.018 suara atau 16,44 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat