androidvodic.com

Tak Lolos ke DPR Meski Raih Suara Terbanyak Kedua se-Indonesia, Baidowi: Ya, Namanya Nasib - News

News - Caleg DPR dari PPP, Achmad Baidowi buka suara setelah dirinya dipastikan tidak lolos DPR meski meraup suara terbanyak kedua se-Indonesia dalam Pemilu 2024.

Pria yang akrab disapa Awiek ini mengatakan hal tersebut adalah nasib politik yang harus diterima olehnya.

Menurutnya, takdir lolos atau tidaknya dirinya ke DPR adalah takdir yang sudah digariskan Tuhan terhadapnya.

"Ya namanya nasib politik itu kan, kita hanya bisanya ikhtiar. Takdir itu kan ditentukan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa," katanya kepada News, Kamis (21/3/2024).

Awiek pun hanya bisa berpasrah lantaran meski dirinya meraup suara tinggi tetapi lantaran PPP tidak lolos ambang batas parlemen, maka berdampak pula terhadap ketidaklolosannya ke DPR dalam Pemilu 2024.

"Ya meskipun suara saya signifikan nomor dua se-nasional, hitung-hitungan teman-teman itu, tapi karena (suara) partainya tidak cukup, ya mau bagaimana lagi," ujarnya.

Kendati demikian, Awiek mengungkapkan pihaknya bakal memperjuangkan suara pemilih yang sudah mencoblos PPP dalam Pemilu 2024 ini lewat gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Makanya kami berjuang ke Mahkamah Konstitusi. Kasihan, kami memperjuangkan ini 5,8 juta orang per data KPU yang mendukung PPP itu, tidak bisa lolos ke parlemen," katanya.

Diketahui, Awiek dipastikan tidak lolos menjadi anggota DPR periode 2024-2029.

Sebagai informasi, Awiek mencalonkan diri menjadi caleg DPR dari PPP dan berkompetisi di daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur XI.

Dirinya pun meraih suara sejumlah 359.189 suara dan menjadi caleg dengan suara terbanyak kedua se-Indonesia di bawah caleg PDIP, Said Abdullah.

Baca juga: PPP Tak Lolos Parlemen, Achmad Baidowi Gagal Jadi Anggota DPR meski Raup Suara Terbanyak Kedua

Adapun Said Abdullah yang juga berada di dapil sama dengan Awiek memperoleh 528.815 suara dan menjadi caleg dengan suara terbanyak di Pemilu 2024.

Bahkan, Awiek unggul dibanding Ketua DPR RI, Puan Maharani, yang mencalonkan diri di dapil V.

Puan pun hanya memperoleh 255.031 suara, tetapi tetap dinyatakan lolos lantaran PDIP menang di Pemilu 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat