androidvodic.com

Beda Sikap dengan AMIN soal Hasil Pilpres, Surya Paloh Dinilai Masih Sejalan dengan Jokowi - News

Laporan Wartawan News, Chaerul Umam

News, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga menyoroti perbedaan sikap capres-cawapres Anies-Muhaimin (AMIN) dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Menurutnya perbedaan sikap terhadap hasil Pilpres 2024 itu mengesankan menduanya sikap NasDem, khususnya Ketua Umumnya Surya Paloh, dalam kontestasi Pilpres 2024.

"NasDem dalam mengusung Capres-cawapres disatu sisi tampak berseberangan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) namun di sisi lain sikap Surya pada umumnya sejalan dengan sang presiden," kata Jamiluddin kepada wartawan, Minggu (24/3/2024).

Jamiluddin melihat Indikasi itu juga terlihat dari pertemuan Surya dengan Jokowi.

Sebelum Surya memutuskan cawapresnya Anies Baswedan, ia bertemu dengan Jokowi.

Tak lama seusai pertemuan itu, Surya menetapkan Muhaimin Iskandar menjadi cawapresnya Anies.

Keanehan lain, lanjut Jamiluddin, Surya Paloh juga menemui Jokowi seusai Pilpres 2024 digelar.

Menurutnya pertemuan semacam ini juga tak lazim mengingat hasil resmi Pilpres 2024 belum diumumkan KPU.

"Kalau melihat dua pertemuan itu, bisa jadi ada kongkalikong antara Surya dan Jokowi terkait Pilpres. Keduanya dikondisikan seolah berseberangan namun sebenarnya Surya tetap bagian dari Jokowi," ucapnya.

"Kalau asumsi itu benar tentu sikap Surya yang menerima hasil Pilpres menjadi tidak mengejutkan. Dengan sikapnya itu, Surya seusai Pilpres justru ingin menunjukkan sosoknya yang sebenarnya," pungkasnya.

NasDem Terima Hasil Pemilu 2024 dan Surya Paloh Bertemu Prabowo

Sebelumnya Partai NasDem menyatakan menerima hasil Pemilu 2024 sekaligus mengucapkan selamat kepada Paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka usai memenangi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh saat menggelar konferensi pers pernyataan sikap atas hasil Pemilu 2024 di Nasdem Tower, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat