androidvodic.com

Demokrat Prediksi Susunan Kabinet Prabowo-Gibran Baru Terlihat Detailnya Jelang Pelantikan - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Partai Demokrat memprediksi kalau susunan kabinet pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka baru akan tersusun secara detail pada Oktober 2024.

Menurut Sekretaris Majelis Tinggi Partai (MTP) Demokrat Andi Mallarangeng, seluruh jajaran kabinet baru akan terbentuk tepat sebelum Presiden dan Wakil Presiden terpilih dilantik.

"Kan waktu masih banyak masih panjang waktunya saya rasa mungkin mendekati Oktober lah baru kemungkinan lebih jelas lagi," kata Andi kepada News, Kamis (28/3/2024).

"Kita ikuti saja hak prerogatif presiden, presiden nya dilantik tanggal 20 Oktober, jadi paling Oktober baru kita tahu lebih detail," sambung dia.

Dirinya lantas menilai wajar jika pada saat ini, Prabowo maupun Gibran Rakabuming belum juga membocorkan perihal siapa saja nama-nama yang akan masuk dalam kabinet.

Tak hanya itu, perihal komposisi atau susunan kementerian juga kata dia, hingga kini belum bisa dipastikan.

Baca juga: Elite Demokrat Sebut AHY Sudah Siapkan Kader Masuk Kabinet: Jumlah dan Posisi Tergantung Prabowo

Pasalnya, dimungkinkan Prabowo bersama Gibran masih melakukan desain kabinet dan menyelaraskan nomenklaturnya.

"Sekarang ini saya rasa beliau (Prabowo bersama Gibran) sedang mendesain kabinetnya bagaimana struktur nya lalu kemudian mungkin ada kementerian yang mau dipisah, atau ada nomenklatur baru," kata dia.

Baca juga: Golkar Tak Masalah Prabowo Jalin Komunikasi ke Banyak Partai, Makin Banyak Gabung Makin Solid

Terpenting kata Andi, Demokrat sebagai partai yang bergabung bersama koalisi pengusung Prabowo-Gibran, sudah siap jika diminta untuk mengisi posisi di kabinet.

"Tentu saja disiapkan dan kalau cocok tentu saja mudah-mudahan sesuai dengan harapan beliau maka ya nanti insya Allah nanti akan ada beberapa kader yang masuk dalam pemerintahan Prabowo Subianto nanti setelah dilantik," tukas dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat