androidvodic.com

Daftar 4 Tokoh Kuat Berpotensi Maju Pilgub Jateng 2024 Penerus Ganjar Pranowo - News

News - Berikut ini nama-nama tokoh yang berpotensi maju di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jawa Tengah 2024 atau Pilgub Jateng 2024.

Warga Jawa Tengah akan mempunyai gubernur baru setelah era Ganjar Pranowo.

Ganjar Pranowo sudah menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah untuk dua periode, sejak 23 Agustus 2013 – 5 September 2023.

Lembaga Survei Merdeka Institute melansir hasil survei tentang “Persepsi Warga Jawa Tengah Terhadap Pelaksanaan Pemilu 2024 dan Preferensi Terhadap Calon Gubernur Mendatang”, Kamis (4/4/2024).

Baca juga: Diajak Sekda Kota Depok Ikut Pilkada, Komeng: Dalam Politik Tidak Menutup Kemungkinan 

Ada beberapa nama tokoh yang dipilih responden sebagai calon Gubernur Jawa Tengah pilihannya.

Di antaranya Ketua DPD Partai Gerindra Jateng, Sudaryono. Diketahui, Sudaryono juga merupakan mantan ajudan atau asisten pribadi Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. 

Lalu, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah sekaligus mantan Plt Kota Semrang dan eks anggota DPRD Jawa Tengah, Hendrar Priadi.

Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah era Ganjar Pranowo, Taj Yasin Maimoen.

Kemudian, Ketua DPD PDIP Jawa Tengah sekaligus anggota DPR RI, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul.

“Tingkat akseptabilitas atau penerimaan Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah Sudaryono raih 44,8 persen. Meski, belum terlalu populer dibanding toloh-tokoh lain, namun ternyata memiliki tingkat akseptabilitas yang hanya kalah dari Hendrar Priadi 51,5 persen dan Taj Yasien Maimoen 45,4 persen,” papar peneliti senior Merdeka Institute, Rendy Kurnia, dalam keterangannya pada Jumat (5/4/2024).

Bahkan, dalam tingkat keterpilihan masing-masing tokoh yang digadang-gadang akan maju dalam bursa Pilgub Jateng itu, elektabilitas Sudaryono menduduki posisi tiga favorit oleh warga Jateng.

“Ada tiga nama yang tingkat elektabilitasnya lebih baik dari tokoh-tokoh lain, yakni Mantan Walikota Semarang Hendrar Priadi (18,2 persen), mantan Wagub Jateng Taj Yasien Maimoen (16,4%) dan Ketua DPD Partai Gerindra Sudaryono (15,8%),” kutip rilis Merdeka Institute.

Baca juga: Kaesang Belum Cukup Umur Jadi Cagub DKI Jakarta, Akankah Aturannya Diubah?

Kekalahan Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024 sebagaimana hasil rekapitulasi nasional Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, ternyata berpengaruh pada lemahnya tingkat dukungan kepada tokoh-tokoh PDIP dalam kontestasi Pilgub Jateng seperti, Bambang Pacul dan FX Hadi Rudiyatmo.

Survei Merdeka Institute ini dilakukan pada tanggal 15-27 Maret 2024 di 35 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

Dengan total sample 830 responden, survei ini dilakukan menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (Multi Stage Random Sampling).

Adapun, margin of error +/- 3,4 persen dengan tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat