androidvodic.com

PDIP hingga Ganjar-Mahfud Tak Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Sebut Sudah Kirim Undangan - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow 

News, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengatakan pihaknya telah memberikan undangan kepada seluruh peserta pilpres dan partai politik pengusung sebelum acara penetapan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka

"Dalam surat undangan, KPU menggunakan dua metode yaitu metode konvensional, di mana surat undangan dalam bentuk fisik atau hardcopy itu diserahkan secara langsung oleh petugas pengantar surat," kata Anggota KPU RI, Idham Holik di kantornya, Rabu (24/4/2024). 

"Kedua menggunakan metode digital atau internet di mana KPU mengirim softcopy dari surat undangan itu melalui messenger maupun melalui surel atau surat elektronik," sambungnya.

Sebagaimana diketahui pasangan nomor urut 03 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tak menghadiri pelantikan Prabowo-Gibran. Hanya satu partai pengusung 03 yang tampak hadir, yakni PPP.

Sementara itu pasangan nomor urut 01 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar tampak hadir bersama dua di antara tiga partai pengusungnya: PKB dan PKS. Sementara NasDem juga tampak tak hadir. 

Hingga saat ini, hanya Ganjar yang diketahui alasan ketidakhadirannya. Ia mengaku baru dikabari undangan penetapan Prabowo-Gibran pada pukul 08.22 WIB.

Di sisi lain, Ganjar menyebut saat ini dirinya sedang berada di Yogyakarta, sehingga tidak bisa hadir.

Kebetulan saya di Yogya jadi tidak bisa datang. Tadi saya konfirmasi ke staf undangan awalnya untuk para ketua partai," ujarnya.

Dia mengungkapkan, dirinya dikabari via WhatsApp (WA) mengenai undangan tersebut.

"Saya dikasih kabar via WA baru jam 08.22 pagi ini. Saya buka WA jam 9.27 setelah olah raga pagi dan wawancara kawan-kawan wartawan yang menunggu di rumah," ucap Ganjar.

Sebagai informasi, KPU RI resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih. 

Proses penetapan digelar di Kantor KPU RI, Jakarta dan dipimpin oleh langsung Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari.

Baca juga: VIDEO Tak Hadir Penetapan Prabowo-Gibran, Ganjar Mengaku Baru Terima Undangan KPU Pagi Tadi

"KPU menetapkan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih periode tahun 2024-2029 dalam Pemilihan Umum 2024," kata Hasyim. 

Prabowo dan Gibran ditetapkan dengan perolehan suara sebanyak 96.214.691 suara atau 58,59 persen dari total suara sah nasional dan memenuhi sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi yang tersebar di 38 provinsi. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat