androidvodic.com

Beragam Respons Partai Pendukung Prabowo-Gibran soal Sinyal PKS Gabung Pemerintahan - News

News - Partai-partai pendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka ramai-ramai memberi respons terkait sinyal bergabungnya PKS ke pemerintahan.

Sebagai informasi, Prabowo-Gibran didukung empat partau politik di parlemen yaitu PAN, Golkar, Demokrat, dan Gerindra.

Sedangkan partai politik non parlemen yang mendukung Prabowo-Gibran di antaranya Partai Gelora, PBB, PSI, dan Partai Garuda.

Sinyal bergabungnya PKS ke pemerintahan telah diakui Wakil Ketua Dewan Syura PKS, Hidayat Nur Wahid.

Menurutnya, PKS telah menjalin komunikasi intens dengan pimpinan Gerindra terkait kans merapat ke pemerintahan Prabowo-Gibran.

Gerindra Masih Kaji

Terkait sinyal bergabungnya PKS ke pemerintahan, Partai Gerindra memilih melakukan pengkajian terlebih dahulu dengan sejumlah partai.

"Ya mengenai masalah komposisi koalisi itu akan dibicarakan nanti. Pada saat ini masih dalam pengkajian dan komunikasi, baik dengan partai yang akan masuk maupun dengan partai yang sudah masuk," ujar Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, Senin (29/4/2024).

Dasco meminta publik bersabar terkait kelanjutan partai yang menyatakan ketertarikannya untuk bergabung dengan pemerintah.

Menurutnya, saat ini masih terlalu dini untuk memutuskan menolak atau menerima partai yang ingin bergabung ke koalisi Prabowo-Gibran.

"Nah oleh karena itu, terlalu dini kalau kita ngomong apakah dapat menerima atau tidak menerima. Mohon bersabar," imbuhnya.

Baca juga: Gelora Tolak PKS Masuk Kabinet Prabowo-Gibran, Gerindra Yakin Bakal Ada Titik Temu

Ditolak Partai Gelora

Berbeda dari Gerindra, Partai Gelora secara terang-terangan menolak sinyal PKS gabung ke pemerintahan.

Wakil Ketua Umum DPN Partai Gelora Indonesian, Fahri Hamzah menilai aneh jika PKS akhirnya bergabung dengan Prabowo-Gibran.

Pasalnya, PKS dikenal gencar memperjuangkan gagasan perubahan dengan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selama Pilpres 2024.

"Toh sejauh ini belum ada tawaran dari Prabowo-Gibran kepada PKS. Mengapa? Karena masalahnya adalah lebih dengan PKS sendiri dan gagasan-gagasan yang selama ini seolah-olah sulit dikompromikan dengan siapa pun" kata eks Wakil Ketua DPR RI kepada wartawan Selasa (30/4/2024).

Demokrat Serahkan ke Prabowo

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat