androidvodic.com

Pengamat Sebut Ide Klub Presiden Bakal Jalan Sempurna Jika PDIP Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia (ASI) Ali Rifan menilai gagasan dibentuk klub presiden sebagai bagian dari upaya jemput bola Prabowo Subianto untuk menyatukan tiga mantan presiden RI dalam satu meja.

Diketahui, Ada tiga presiden RI yang telah menjabat sebelum Prabowo, yakni Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Joko Widodo yang akan habis masa jabatannya pada Oktober 2024.

Ali mengakui secara konsep, gagasan Prabowo ini patut diapresiasi, terlebih publik sudah mengetahui bagaimana sentimen negatif muncul baik itu antara Megawati dengan SBY, maupun Megawati dengan Jokowi.

"Kalau para mantan presiden yang dianggap punya perbendaan pandangan yang tajam dan bahkan ada narasi pengkhianatan, lalu kemudian bisa bersatu, maka elite politik dan lingkaran di ketiga presiden tersebut, hingga di akar rumput juga akan menyatu," kata Ali kepada News, Sabtu (4/5/2024).

Karena itulah, gagasan klub presiden ini menurutnya akan berjalan sempurna jika PDIP masuk dalam koalisi pemerintahan Prabowo-Gibran.

Baca juga: Pengamat Soroti Ide Prabowo Bentuk Klub Presiden, Singgung Hubungan Megawati, SBY, dan Jokowi

"Itu salah satu indikatornya. Ketika melakukan rapag antar mantan presiden, semuanya akan hadir dan kompak saling memberikam masukan kepada Prabowo sebagai presiden terpilih," kata dia.

Jika PDIP tetap berada di luar pemerintahan, Ali menilai gagasan tetap akan diimplementasikan.

"Tapi tidak sempurna karena tak ada Bu Mega atau Bu Mega tak akan hadir. Bu Mega ini kan gampang-gampang susah, karena yang dihadapi itu kan orang-orang yang dianggap berkhianat dengan Bu Mega. Awalnya Bu Mega dianggap punya masalah dengan SBY, kemudian kini dengan Jokowi ditambah juga dengan Prabowo," kata Ali lagi.

Karena itulah, dia menilai gagasan klub presiden ini akan berjalan mulus jika PDIP ikut bergabung ke pemerintahan.

Baca juga: Golkar Nilai Klub Presiden Upaya Prabowo Rekonsiliasi Nasional 

"Karena gagasan ini pada intinya berorientasi ke Bu Mega. Kalau SBY dan Jokowi kan sudah ada dalam barisan koalisi. Tapi untuk Bu Mega, ini kan bagian dari upaya menjembatani atau jemput bola, jadi diperlukan forum resmi," tandasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat