androidvodic.com

PKS Berharap Ada Koalisi Besar Terwujud dalam Pilkada Jakarta, Ini Alasannya - News

Laporan Wartawan TribunJakarta.com Elga Hikari Putra

News, JAKARTA - Ketua DPW PKS DKI Jakarta, Khoirudin mengatakan, saat ini tidak ada satupun parpol di Jakarta yang memenuhi syarat bisa mencalonkan sendiri pasangan cagub ataupun cawagub di Pilkada 2024.

PKS, partai pemenang di Jakarta pada Pemilu 2024, hanya memiliki 18 kursi di DPRD DKI alias masih kurang empat kursi jika ingin mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada mendatang

"Yang jelas kata kuncinya membangun Jakarta ini harus kolaborasi, bersama-sama.

PKS sendiri walaupun menang di Jakarta belum cukup syarat untuk mengajukan cagub cawagub sendiri," kata Khoirudin usai menerima kunjungan DPD Golkar DKI Jakarta di kantor DPW PKS Jakarta, Selasa (14/5/2024).

Di singgung yang dimaksud Jakarta butuh kolaborasi itu merupakan kode bagi PKS akan mengusung kembali Anies Baswedan di Pilkada Jakarta, Khorudin memberikan jawaban.

Baca juga: PDIP Sebut Peluang Usung Ahok Lebih Besar ketimbang Anies di Pilgub DKI Jakarta, Ini Alasannya 

"Kami terbuka bagi siapapun yang memang ingin maju selagi memiliki kompetensi untuk itu," katanya.

'Jakarta Kota Kolaborasi' merupakan slogan yang dipopulerkan kala Anies menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 lalu.

"Pada prinsipnya di PKS terbuka ruang bagi gubernur dan wakil gubernur siapa saja. Karena yang paling utama adalah dia bisa menjalankan platform kita, platform dalam proposal bernegara kita, ya mengatasi masalah-masalah kemanusiaan, ketidakadilan, pengangguran, kebodohan, kemiskinan, sekitar itu," papar Khoirudin.

"Ketika dia mampu silahkan naik jadi gubernur jakarta atau Pilgub jakarta, jadi gak harus kader sehingga PKS mengaku siap berkoalisi dengan pihak manapun di Pilkada Jakarta 2024 bahkan, PKS berharap ada koalisi besar yang terwujud di Jakarta ini.," kata pria yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD DKI ini.

"Kalau PKS kita sudah sering bertemu dengan PDIP, ketemu dengan NasDem, ketemu dengan Gerindra.

Kita bangun semua komunikasi untuk memungkinkan ada koalisi besar, Jakarta ini masalahnya besar yang harus ditangani bersama-sama," ujar Khoirudin.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul PKS Sebut Jakarta Butuh Kolaborasi, Kode Bakal Usung Anies di Pilkada?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat