androidvodic.com

Saksi Golkar dari Ambon Hilang saat Perjalanan Menuju Jakarta - News

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

News, JAKARTA - Kuasa hukum Partai Golkar pada perkara sengketa hasil Pileg nomor 256 mengungkapkan, terdapat satu dari empat saksi yang mereka siapkan untuk hadir di persidangan, hilang di Jakarta.

Dalam sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Legislatif, pada Selasa (28/5/2024), saksi tersebut diketahui bernama Adit dan berasal dari Ambon, Maluku. 

Hal itu bermula saat Hakim Saldi Isra mengonfirmasi saksi yang hadir dalam persidangan. Ternyata, ada satu dari empat saksi Pemohon yang tidak hadir.

"Kita akan masuk sesi ke perkara nomor lima untuk Provinsi Maluku, ini nomor perkaranya nomor 256 kita cek saksi yang diajukan oleh pemohon itu ada empat orang, Pak Aziz Mahulete, Pak Haipan Tomagola, Ibu Fatimah Sia, Pak Adit enggak ada, ya?" ucap Saldi, dalam persidangan, Selasa (28/52024).

Baca juga: Terbukti Kekerasan Seksual ke Sekretaris, Ketua KPU Manggarai Barat Hanya Disanksi Peringatan Keras

Kuasa hukum Golkar kemudian meminta izin kepada Saldi untuk menjelaskan hal yang sebenarnya terjadi terkait ketidakhadiran saksi Adit.

"Boleh saya sampaikan alasan, majelis?" tanya kuasa Golkar.

"Ya. Ada atau tidak nih (Adit)? Enggak ada, ya?" kata Saldi.

"Tidak ada, majelis," ucap kuasa Golkar.

Mendengar hal itu, Hakim Saldi Isra meminta penjelasan kepada kuasa hukum Pemohon 256 mengenai ketidakhadiran Saksi Adit.

Kuasa hukum yang tidak menyebutkan namanya sepanjang sidang pemeriksaan pembuktian tersebut mengatakan, saksi Adit hilang.

"Terima kasih, majelis. Saksi kami sebenarnya itu ada, majelis, tapi ketika dalam perjalanan dari Ambon ke Jakarta tiba-tiba hilang majelis," ungkap kuasa hukum Golkar.

Baca juga: Minus Gerindra dan Demokrat, Daftar Parpol Buka Peluang Dukung Anies Baswedan Maju Pilgub Jakarta

Lawyer mewakili Golkar itu kemudian menjelaskan, timnya telah berupaya mencari saksi Adit, bahkan hingga membuat laporan orang hilang ke kepolisian. Namun, hasilnya nihil alias saksi Adit belum ditemukan.

"Kami juga sudah berupaya mencari bahkan membuat permohonan buat teleconference, tapi sampai sekarang tidak ketemu dan kami sudah membuat laporan orang hilang ke kepolisian, majelis, terima kasih," ucap kuasa Golkar.

"Berarti tinggal tiga (saksi) sekarang ya?" tanya Hakim Saldi memastikan jumlah saksi yang hadir.

"Tinggal tiga majelis," kata kuasa Golkar.

Lebih lanjut, Hakim Saldi Isra mengingatkan kepada kuasa Golkar terkait pentingnya mereka untuk bertanggung jawab atas kehilangan saksi yang mereka siapkan itu.

"Nanti harus dicari itu karena harus tanggung jawab itu mendatangkan orang ke Jakarta lalu tiba-tiba jadi hilang," kata Hakim Saldi.

Hingga berita ini ditulis, News masih mendalami terkait kabar saksi hilang dari Partai Golkar tersebut.
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat