androidvodic.com

Minus Gerindra dan Demokrat, Daftar Parpol Buka Peluang Dukung Anies Baswedan Maju Pilgub Jakarta - News

News, JAKARTA - Nama Anies Baswedan masuk dalam bursa bakal calon gubernur (bacagub) Jakarta yang akan digelar tanggal 27 November 2024.

Ada sejumlah partai politik yang membuka pintu mendukung Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 tersebut.

Tapi ada dua partai yang menegaskan tak akan memberikan dukungan, yaitu Gerindra dan Demokrat.

Demokrat: Anies tak masuk radar

Partai Demokrat secara tegas menyatakan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak masuk dalam radar atau bursa bakal calon gubernur untuk maju Pilgub Jakarta 2024.

Pernyataan itu disampaikan langsung oleh Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra.

Herzaky mengatakan, Demokrat justru membuka peluang mencalonkan Mantan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said dalam Pilkada Daerah Khusus Jakarta.

Sudirman Said menjadi salah satu sosok eksternal Partai Demokrat yang digadang maju dalam Pilkada bersama dengan beberapa tokoh lainnya. Namun Herzaky menegaskan tidak akan mengusung Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Pilkada Jakarta 2024.

"Ada Pak Sudirman Said. Beliau ini sangat kompeten. Leadership, manajerial, kompetensi teknisnya. Anies? tidak, tidak masuk radar kami" kata Herzaky dalam keterangan tertulis, Jumat (24/5/2024).

Herzaky tak merinci lebih jauh alasan partainya menutup pintu untuk Anies, yang sudah menyatakan serius ingin maju di Pilkada Jakarta.

Namun, Demokrat belum lama ini memang punya pengalaman tidak mengenakkan saat bekerja sama dengan Anies Baswedan.

Sekjen Gerindra tolak komentari Anies

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani menolak berkomentar mengenai Anies yang berpeluang kembali maju di Pilkada Jakarta 2024. 

Bahkan, Muzani enggan berbicara kemungkinan usung Anies kembali di Pilkada Jakarta.

Padahal, Anies memiliki sejarah pernah diusung Gerindrapada Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu.

"Itu sejarah, ini kan sejarah baru," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (22/5/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat