androidvodic.com

Jokowi Ogah Komentari Pilkada Jateng: Tanyakan ke Parpol - News

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) enggan mengomentari soal Pilkada Jawa Tengah (Jateng), saat kunjungan kerja ke Karanganyar.

Menurut Presiden, Pilkada Jateng sebaiknya ditanyakan ke partai politik.

Baca juga: Profil Ahmad Luthfi, Kapolda Bakal jadi Irjen Kemendag hingga Didukung PAN Maju Pilkada Jateng

"Tanyakan ke partai politik," kata Jokowi usai meninjau pemberian bantuan pompa air di Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (19/6/2024).

Begitu pula saat ditanya mengenai arahan dirinya kepada relawan pendukung di Pilkada Jateng. Jokowi memberikan jawaban serupa.

"Tanyakan ke Parpol," katanya.

Baca juga: PAN Dukung Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi Maju Pilkada Jateng 2024

Sebelumnya beredar isu bahwa Presiden Jokowi merestui Kapolda Jawa Tengah Ahmad Luthfi bila maju di Pilkada Jateng. Terkait masuknya Luthfi dalam Bursa Calon Kepala Daerah Jateng, Jokowi sempat mengomentarinya pada Mei lalu.

Ia meminta urusan Pilkada sebaiknya ditanyakan kepada partai atau kepada orang yang masuk bursa calon kepala daerah.

"itu keinginan-keinginan pribadi tolong ditanyakan kepada partai atau kepada yang bersangkutan," kata Jokowi usai meninjau pasar di Karawang, Rabu, (8/5/2024).

Jokowi merasa heran karena setiap yang akan maju di Pilkada ditanyakan kepadanya. Sebelum soal Ahmad Luthfi, Jokowi juga mendapatkan pertanyaan serupa terkait putra bungsunya Kaesang Pangarep.

"Dikit-dikit urusan pilkada tanyakan ke saya, gimana," katanya.

Sebelumnya Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pihaknya sedang berembuk mengenai calon gubernur (Cagub) yang akan diusung di Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024.

"Kami juga pada saat ini sedang melakukan survei-survei mengenai calon Pilkada," kata Dasco di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Dasco menjelaskan, Gerindra berembuk dengan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Menurutnya, pihaknya juga mempertimbangkan Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi sebagai calon alternatif.

"Kami akan berembuk dengan teman-teman koalisi seperti PAN, Golkar, dan lain-lain untuk memajukan siapa yang akan dimajukan di Jateng, termasuk alternatif Pak Luthfi," ujarnya.

Baca juga: Anies Baswedan Kurban Sapi ke PKS, HNW Pastikan Tak ada Kaitannya dengan Pilkada Jakarta

Sebelumnya, PAN sudah menyatakan mendukung Luthfi untuk maju dalam Pilkada Jateng 2024.

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan atau Zulhas mengatakan, partainya sudah menyatakan dukungan secara informal kepada Irjen Ahmad Luthfi

"Jateng kan sudah saya Pak Luthfi, ya saya sudah dukung Pak Luthfi nanti. Pak Luthfi itu sekarang Kapolda," kata Zulhas di Kantor DPP PAN, Jalan Amil Buncit Raya, Pancoran, Jakarta Selatan pada Senin (3/5/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat