androidvodic.com

Usung Sohibul Iman di Pilgub Jakarta, PKS Disebut Ambil Langkah Berani - News

Usung Sohibul Iman di Pilgub Jakarta, PKS Disebut Ambil Langkah Berani

 
Glery Lazuardi/News

  
 
News - Direktur Eksekutif Pusaran Indonesia, Rafli Maulana, menilai PKS membuat kebijakan berani mengusung Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur di pemilihan gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024.

"Keputusan PKS mengusung kader internal merupakan keputusan tepat dan berani. (Pasalnya,-red) PKS ini partai pemenang di Jakarta dengan 1.012.028 suara atau 16,68 persen. Perolehan kursi 18 di DPRD Jakarta," kata Rafli dalam keterangannya pada Senin (24/6/2024).

Dia meminta PKS supaya tidak hanya menjadi kendaraan politik tokoh populer di berbagai tingkatan mulai dari daerah hingga nasional.

Baca juga: Airlangga Hartarto Ingatkan PKS Butuh Koalisi untuk Bisa Usung Sohibul Iman di Pilkada Jakarta 2024

Menurut dia, partai politik harus menjadi wadah kaderisasi kepemimpinan yang sehat. Dengan mengusung kader-kader potensial, ini merupakan langkah percaya diri yang baik dan hal ini berlaku bagi partai-partai lain.

"Keberanian ini akan melepaskan kesan PKS adalah 'tumpangan' politik tokoh-tokoh populer. Seperti di Bandung, Kang Emil malah jadi kader Golkar, atau di Jakarta, Anies Baswedan," tuturnya.

Dia menilai Mohamad Sohibul Iman sebagai salah satu kader PKS yang lengkap, mulai dari cendekiawan, birokrat sekaligus politisi.

"Kalau kita lihat, pak Sohibul Iman ini kan kader yang lengkap. Cendekiawan, birokrat, politisi. Beliau ini lama berkiprah di lingkungan akademis, pernah jadi rektor kampus Paramadina. Jadi peneliti di berbagai instansi riset," ujarnya

Dia mengungkit keberhasilan Mohamad Sohibul Iman saat menjadi Presiden PKS, terutama perolehan suara dan kursi PKS yang meningkat signifikan.

"Saat jadi Presiden PKS, kursinya bertambah signifikan, dari 8,46 juta suara (6,77%) pada 2014 menjadi 11,49 juta suara (8,21%) di 2019. Menambah 10 kursi di 2019. Jadi, tidak perlu diragukan lagi beliau ini," pungkas Rafli.

Untuk diketahui, Mohamad Sohibul Iman diusung oleh PKS sebagai bakal calon gubernur Daerah Khusus Jakarta di Pilgub Jakarta pada November mendatang.

Hal ini disampaikan melalui rilis resmi oleh Juru Bicara PKS, Ahmad Mabruri pada Minggu (23/6/2024).

"Kandidat yang kami usung adalah Mohamad Sohibul Iman, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Syuro PKS," kata Ahmad Mabruri. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat