androidvodic.com

Pilgub Jakarta 2024 Anies vs Ahok, Posisi PDIP Jadi Penentu? - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Posisi PDIP bakal tidak mudah dalam Pilgub DKI Jakarta 2024 kali ini mengingat kemungkinan besar bakal menjadi oposisi dalam kontestasi yang akan berlangsung November mendatang.

Terlebih langkah dukungan PDIP pada pilkada nantinya juga dirasa bakal jadi penentu ke mana arah koalisi politik mendatang.

Baca juga: DPP PKS Ajukan Sohibul Iman Cagub Jakarta, Pengamat : Keputusan yang Rasional

Demikian analisis Direktur Eksekutif Aljabar Strategic Indonesia, Arifki Chaniago.

Arifki melihat kemungkinan besar Pilgub DKI Jakarta nantinya bakal jadi ajang pertemuan kembali antara Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok.

Arifki melihat PDIP dan Anies sedang berada pada posisi yang sama dalam pilkada kali ini, yakni jadi oposisi dalam pemerintahan dan akan sangat rugi bagi keduanya jika tidak sejalan nantinya.

"PDIP butuh menang di Jakarta dan jika beroposisi dengan pemerintahan Prabowo-Gibran, PDIP sudah punya figur yang mewakilinya (Ahok). Jika Anies dan Ahok berlawanan di Jakarta tentu merugikan jika Prabowo-Gibran punya figur lain di Jakarta," ujar Arifki dalam keterangannya, Selasa (25/6/2024).

Namun di satu sisi, jika PDIP menaruh dukungan pada Ahok, terbuka kemungkinan Presiden RI terpilih Prabowo Subianto bakal mendukung Anies seandainya eks Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK) batal maju di Jakarta.

"Sikap PDIP terhadap Ahok dan Anies bakal menentukan kemana arah koalisi politik di Pilkada Jakarta," jelas Arifki.

Baca juga: Diharapkan Pendukungnya Maju Pilgub Jakarta Lagi, Ahok: Partai Saya Kan Kursinya Tidak Cukup

Arifki melihat Ahok sepertinya lebih memilih kembali bertarung di Jakarta dibandingkan mengingat peluangnya untuk menang lebih besar.

Sikap Ahok ini bakal mempersulit PDIP dalam Pilgub DKI Jakarta sebab apakah harus mendukung kadernya atau Anies selaku figur yang identik jadi oposisi terhadap pemerintah pusat.

Sebagai informasi, ada banyak figur yang dirasa berpotensi maju dalam Pilkada Jakarta mendatang.

Selain Anies, Ahok, dan RK, nama anak Presiden Joko Widodo yang kini merupakan Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep juga santer beredar masuk dalam bursa calon kepala daerah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat