androidvodic.com

Sohibul Diusung Maju Pilkada Jakarta, Pengamat: Hanya Perkokoh Pemilih PKS ke Anies, Bukan Menambah - News

News - Pengamat politik dari Aljabar Strategic, Arifki Chaniago, memberikan respons terkait langkah PKS mengusung Anies Baswedan-Sohibul Iman (AMAN) di Pilkada Jakarta 2024.

Arifki menyebut keputusan ini bisa saja merugikan bagi Anies Baswedan.

Pasalnya, eks Gubernur Jakarta itu memiliki kelompok pemilih yang sama dengan PKS.

Dengan begitu, Arifki menilai Sohibul Iman hanya akan memperkokoh dukungan pemilih PKS ke Anies, tetapi tidak menambah jumlah pendukung dari kelompok pemilih lain.

"Dalam kepentingan PKS tentu menarik, tapi hal yang juga akan merugikan bagi Anies adalah karena kan pemilihnya Anies dengan PKS sama, artinya Anies dan PKS itu sama," ujar Arifki dalam acara On Focus di YouTube Tribunnews, Selasa (25/6/2024).

"Artinya dengan Sohibul Iman jadi cawagub-nya Anies itu mungkin hanya memperkokoh dukungan pemilih PKS ke Anies, tapi bukan menambah gitu kan," lanjutnya.

Menurutnya dengan menggandeng Sohibul menjadi calon wakil gubernur (cawagub), Anies akan kesulitan untuk menggaet pendukung dari kelompok pemilih lain.

"Artinya saya membaca bahwa Anies untuk masuk ke kelompok nasionalis atau kelompok yang lebih tengah ini akan juga kesulitan ketika misalnya dia memilih wakil dari PKS," terangnya.

Lebih lanjut, Arifki berujar bahwa kekuatan yang saat ini tak dimiliki oleh Anies dan PKS adalah logistik.

Meski PKS memiliki mesin politik yang kuat di Jakarta, ia berpendapat mereka tetap membutuhkan sponsor yang kuat.

"Artinya tentu juga harus ada sponsor yang jelas juga untuk memenangkan Jakarta AMAN ini di Pilkada Jakarta karena dukungan politik yang muncul ini tentu juga harus didukung oleh kekuatan politik yang ada."

Baca juga: Respon Anies Baswedan Diduetkan dengan Sohibul Iman di Pilkada Jakarta oleh PKS

"Karena ketika misal, ya, duet ini sama (pemilihnya) dalam konteks cagub dan cawagub memiliki efek elektoral yang sama itu juga akan kurang menarik bagi para bohir atau para sponsor politik untuk mendukung dia di Jakarta," ucapnya.

Respons Anies Diduetkan dengan Sohibul

Anies Baswedan telah merespons proposal PKS yang memasangkan dirinya bersama Sohibul Iman.

Ia menyampaikan terima kasih kepada PKS karena telah memberikan kepercayaan tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat