androidvodic.com

Inilah Sosok Potensial Cagub-Cawagub Terkuat Jawa Tengah, Versi 6 Survei Terbaru Pilkada Jateng 2024 - News

News - Berikut ini 6 hasil survei elektabilitas Pemilihan Umum Gubernur (Pilgub) 2024, di mana terjaring beberapa nama politikus.

Hasil survei elektabilitas Pilgub Jateng 2024 tersebut dari Survei Lembaga Timur Barat Research Center (TBRC), Survei Indeks Data Nasional (IDN), Proximity Indonesia dan Lembaga Survey & Polling Indonesia (SPIN).

Dari beberapa nama yang terjaring, Eks Wakil Gubernur (Wagub) Jateng, Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) serta loyalis Prabowo Subianto saling menyalip di posisi pertama.

Mereka adalah Hendrar Prihadi, Sudaryono dan Taj Yasin, politisi yang dianggap potensial maju sebagai Calon Gubernur (Cagub) Jateng 2024.

Lantas berikut 5 hasil survei elektabilitas Pilgub Jateng 2024:

Survei Kanigoro Network

Pendiri Kanigoro Network, Joko Kanigoro, dalam siaran pers di Semarang, Kamis (20/6/2024), mengatakan, survei elektabilitas sejumlah tokoh jelang Pilkada Jateng 2024 dilakukan di 35 kabupaten/ kota di Jawa Tengah pada 1 hingga 15 Juni 2024.

Dalam survei, kata dia, dilakukan pengukuran empat nama bakal calon gubernur dan empat nama calon wakil gubernur yang selanjutnya disimulasikan dua pasang calon.

"Mengerucut ke empat sosok calon wakil gubernur, Siti Atikoh, Taj Yasin Maimoen, Yusuf Chudlori (Ketua PKB Jawa Tengah) , dan Casytha Arriwi Kathmandu (anggota DPD RI)," katanya.

Menurut dia, Siti Atikoh meraih elektabilitas sebesar 30,4 persen, mengungguli Taj Yasin yang meraih 22,7 persen.

Ia menjelaskan efek kepemimpinan Ganjar Pranowo saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode cukup signifikan mengangkat kepercayaan publik terhadap Siti Atikoh.

Baca juga: PDIP Tak Gentar Jokowi Dukung Ahmad Luthfi di Pilkada Jateng: Kemarin Dikerjain Kami Lawan

"Faktor ketokohan Ganjar Pranowo sangat berperan," katanya.

Selain itu, lanjut dia, latar belakang Taj Yasin meski berasal dari kalangan santri juga dinilai belum mampu meyakinkan publik.

Survei kedua Kanigoro Network untuk Pilkada Jateng 2024 ini melibatkan 2.100 respon yang terpilih dengan kriteria tokoh yang dapat mempengaruhi pemilih lainnya berdasarkan kemampuan dalam melakukan penilaian kompetensi dan kelayakan sosok calon kepala daerah.

Hasil Survei SPIN

Lembaga Survey & Polling Indonesia (SPIN) di Jawa Tengah ini dilakukan pada tanggal 27 Mei-4 Juni 2024 dengan total jumlah sampel 1070 respoden dengan Margin of Error +/- 3,0 persen dengan tinkgat kepercayaan 95 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat