androidvodic.com

PDIP Ogah Andika Perkasa Cuma Jadi Wakil Anies, Buka Opsi Usung Eks Panglima TNI di Pilkada Jateng - News

News - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) enggan menempatkan mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Andika Perkasa sebagai calon wakil gubernur (Cawagub) mendampingi Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

Waselken PDIP, Utut Adianto menilai posisi cawagub bukanlah posisi yang tepat untuk Andika Perkasa yang merupakan mantan Panglima TNI.

Diketahui, wacana menduetkan Anies Baswedan dan Andika Perkasa di Pilkada Jakarta muncul dari Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

"Tapi kan Pak Andika Panglima TNI, kalau untuk jadi wagub hemat saya nanti, menurut saya enggak pas lah. Kalau dia mau ya jadi gubernur," kata Utut di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/7/2024).

Utut mengungkapkan, internal PDIP sedang menggodok provinsi yang akan menjadi tempat Andika Perkasa bertarung di Pilkada Serentak 2024.

Termasuk peluang maju di kandang banteng, Jawa Tengah.

"Tentu beliaunya juga harus, kalau pemain bola harus lari-lari kecil, pemanasan, wilayahnya mana? Nanti kita cek, sekarang ada Kapolda Jawa Tengah Pak Luthfi mau maju gubernur, kalau hemat saya Pak Andika bersedia, Pak Andika bisa ke Jawa Tengah," ungkapnya.

Utut mengaku pihaknya menghormati bila memang ada internal kader yang masih turut mendorong duet Anies-Andika di Pilkada Jakarta.

"Kalau Pak Anies dan Pak Andika saya enggak tahu apakah ini juga usulan dari PDI Perjuangan. Kalau disebutkan, saya tidak ingin berbantahan kader partai kami. Kalau usulan kan dari mana-mana," pungkasnya.

Peluang Andika Perkasa Hadapi Ahmad Luthfi di Pilkada Jateng

Lebih lanjut, Utut mengatakan kader partainya se-Jawa Tengah akan merasa aman bila Andika Perkasa maju di Pilkada Jawa Tengah 2024.

Baca juga: 3 Partai Dukung Ahmad Luthfi Maju Pilkada Jateng, Elektabilitas Kapolda Tempel Kaesang Pangarep

Menurut Utut, hal tersebut setidaknya untuk menghadapi Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol Ahmad Luthfi yang digadang-gadang akan maju.

"Di sebelah sana Pak Kapolda sudah maju tentunya Pak siapa Pak Luthfi yah," kata Utut di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/7/2024).

Menurutnya, sosok Andika Perkasa merupakan lawan yang sepadan dengan Luthfi.

"Nah, kalau Pak Andika mau maju paling enggak memberi rasa aman di antara para kader se-Jawa Tengah," ujar Utut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat