androidvodic.com

PDIP Pertimbangkan Usung Kaesang di Pilkada Jawa Tengah 2024, Ini Penjelasan Puan - News

News, JAKARTA - PDI Perjuangan mempertimbangkan mengusung nama Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep di Pilkada Jawa Tengah 2024.

Ketua DPP PDIP, Puan Maharani mengatakan, nama Kaesang masuk radar PDIP setelah melihat elektabilitas
putra bungsu Presiden Joko Widodo itu menjadi yang tertinggi berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh beberapa lembaga.

"Iya dong, jadi salah satu pertimbangan juga (nama Kaesang, red)," kata Puan Maharani di Kompleks Parlemen,
Senayan, Jakarta, Selasa (2/7/2024).

Baca juga: Jempol dari Puan untuk Kaesang, Kandang Banteng Jateng Bakal Jadi Arena Pertarungan Jokowi Vs PDIP

Puan tidak mempermasalah elektabilitas Kaesang yang disebut berada di urutan pertama menurut survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI).

"Nggak apa-apa bagus," kata Puan.

Menurut anak Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri itu, pihaknya juga tidak menaruh curiga dengan hasil survei tersebut.

Apalagi, elektabilitas Kaesang diklaim lebih tinggi dibandingkan Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, Bambang 'Pacul' Wuryanto.

"Enggak apa-apa, bagus Kaesang," ungkap Puan.

Selain PDIP, Partai Gerindra juga mempertimbangkan Kaesang untuk diusung di Pilkada Jawa Tengah.

"Jadi kami menunggu saja apakah yang paling penting dan pertama adalah yang bersangkutan berkenan atau tidak. Kalau ada sinyal yang cukup kuat misalnya yang bersangkutan berkenan, tentu kami akan bahas di internal partai kami dan di KIM (Koalisi Indonesia Maju, red)," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra,
Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/7/2024).

Habiburokhman juga menilai wajar elektabilitas Kaesang menduduki urutan pertama di Pilkada Jawa Tengah. Sebab, Jawa Tengah merupakan kampung halaman Presiden Jokowi.

"Saya pikir kalau Jawa Tengah kan kampungnya Pak Jokowi. Pak Jokowi besar di sana, keluarganya juga. Kemarin keluarga besar Pak Jokowi all out memenangkan Pak Prabowo di Jawa Tengah," kata Habiburokhman.

Tak hanya di Jawa Tengah, ia menyebut Kaesang juga memiliki modal elektabilitas yang bagus di Pilkada Jakarta. Karena itu, koalisi Indonesia maju berpeluang mengusung Kaesang di Pilkada Jawa Tengah.

Baca juga: Ragam Respons soal Elektabilitas Kaesang Pangarep di Pilkada Jawa Tengah 2024

Sebelumnya berdasarkan survei LSI, nama Kaesang Pangarep disebut memiliki elektabilitas paling tinggi di Pilkada Jawa Tengah 2024. Dalam hasil survei bertajuk 'Pilkada di Daerah Kunci: Siapa Unggul di Jawa Tengah?' itu nama Kaesang unggul dalam simulasi 21 nama dan 6 nama kandidat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat