androidvodic.com

Puan Tanggapi Peluang Duet Anies-Andika pada Pilkada Jakarta: Menarik - News

News - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani, buka suara perihal dinamika Pilkada Jakarta 2024.

Mulanya Puan menanggapi wacana terbentuknya poros baru pada Pilkada Jakarta antara PDIP dan PKB setelah PKS menegaskan Anies Baswedan harus menggandeng Sohibul Iman apabila ingin berkoalisi dalam kontestasi pemilihan tingkat daerah ini.

Puan membuka kemungkinan tersebut selama memenuhi persyaratan pencalonan pada Pilkada Jakarta.

"Bisa saja selama memenuhi kuota yang ada, dalam artian persyaratan dan mekanismenya itu mencukupi. Bukan tidak mungkin, politik itu dinamis," ucap Puan saat ditemui awak media usai rapat paripurna DPR RI di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (4/7/2024).

Kemudian, ketika ditanya apakah itu juga berarti membuka peluang duet Anies Baswedan-Andika Perkasa pada Pilkada Jakarta, Puan memberikan jawaban singkat.

"Menarik," ujar putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu.

Di sisi lain, Puan menyebut nama eks Panglima TNI, Andika Perkasa, belum dibahas dalam forum atau rapat DPP PDIP.

Kendati demikian, ia percaya bahwa Andika siap didorong PDIP maju Pilkada 2024.

"Kita belum bicara langsung di forum DPP, cuma, ya, sepertinya (Andika Perkasa) siap," ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya juga belum bisa memastikan di wilayah mana Andika Perkasa akan dibawa berlaga dalam pemilihan kepala daerah.

Pasalnya, sampai saat ini Andika masih dalam penjajakan oleh partai berlambang banteng moncong putih itu sembari melihat tingkat elektabilitas yang bersangkutan di beberapa provinsi.

Baca juga: PDIP Belum Putuskan Andika Perkasa Maju Pilkada, Puan: Kita Belum Bicarakan di Forum DPP

"Ya, nama yang sekarang muncul salah satunya Pak Andika menjadi salah satu calon yang nanti akan kita lihat baiknya itu akan kita calonkan di mana."

"Karena pilkada ini orangnya, wilayahnya, sangat berbeda-beda dan tidak bisa kemudian satu nama itu hanya di satu wilayah. Jadi, semua itu punya kekhasan dan tergantung di mananya," paparnya.

Isu Duet Anies-Andika

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, menyebut pihaknya dan PDIP sudah membahas potensi menduetkan Anies-Andika pada Pilkada Jakarta 2024. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat