androidvodic.com

Alasan Anies Getah Getih Tak Berbahan Dasar Baja Hingga Kritik Memakan Biaya Rp 550 Juta - News

News, JAKARTA - Pembongkaran kerajinan dari bambu yang dinamai Getah Getih di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat menuai polemik.

Sebagian pihak menilai pembongkaran tersebtu mubazir lantaran belum genap setahun dan telah menelan biaya senilai Rp 550 juta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun angkat bicara terkait hal itu.

Dia menjelaskan alasannya memilih bambu sebagai bahan dasar pembuatan Getah Getih yang menelan dana mencapai Rp 550 juta.

Ia mengatakan, dengan menggunakan bambu, maka anggaran proyek ini dapat dinikmati oleh para rakyat kecil yakni petani bambu.

Lain halnya jika Getah Getih dibuat dari besi, tentu bahan bakunya harus diimpor dari luar negeri seperti dari Tiongkok/China.

"Uang itu diterima oleh rakyat kecil."

"Kalau saya memilih besi, maka itu impor dari Tiongkok mungkin besinya."

"Tapi, kalau ini justru diterima petani bambu, pengrajin bambu," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Baca: Awal Pemasangan Bambu Getih Getah di Bundaran HI yang Kini Dibongkar, Berawal dari Tantangan Anies

Baca: Instalasi Bambu Getih Getah di Bundaran HI: Menelan Rp 550 Juta, Bertahan 11 Bulan, Kini Dibongkar

Sebab ia meyakini Indonesia tak pernah mendatangkan bahan baku bambu dari luar negeri.

"Kalau besi belum tentu produksi dalam negeri, tapi kalau bambu hampir saya pastikan tidak ada bambu impor. Bambunya produksi Jawa Barat dikerjakannya oleh petani oleh pengrajin lokal. Jadi angka yang kemarin kita keluarkan diterimanya oleh rakyat kebanyakan," ungkap Anies.

Berikut beberapa fakta terkait instalasi bambu 'Getah Getih' di Bundaran HI yang tinggal kenangan. Menelan biaya Rp 550 juta dan hanya bertahan 11 bulan.
Berikut beberapa fakta terkait instalasi bambu 'Getah Getih' di Bundaran HI yang tinggal kenangan. Menelan biaya Rp 550 juta dan hanya bertahan 11 bulan. (KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA/RYANA ARYADITA UMASUGI)

Ia menegaskan dari awal dirinya sudah menyampaikan bahwa anyaman bambu karya Joko Avianto itu memang tak bertahan lama meskipun menelan dana yang cukup besar Rp 550 juta.

"Ya dari awal sudah saya garis bawahi bahwa kita menggunakan material lokal bambu. Pada waktu itu malah saya katakan diperkirakan usianya enam bulan saja," kata Anies.

Lagi pula, anyaman bambu itu dipasang dalam rangka menyambut perhelatan Asian Games 2018.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat