androidvodic.com

Tiga Lokasi di Jakarta Kebakaran Akibat Api dari Lilin saat Listrik Padam Massal - News

News, JAKARTA - Musibah kebakaran terjadi di tiga lokasi yang berada di Jakarta pada Minggu (5/8/2019).

Tiga lokasi tersebut diantaranya, Tambora (Jakarta Barat), Tanjung Priok (Jakarta Utara), dan Menteng Atas (Jakarta Selatan).

Penyebab kebakaran di tiga lokasi tersebut sama, yakni akibat dipicu api dari lilin.

Lilin tersebut dinyalakan oleh warga yang terimbas oleh padamnya lampu yang melanda wilayah Jabodetabek, sebagian wilayah Jawa Barat dan Tengah.

Baca: PLN: Pemadaman Listrik Masih Terjadi hingga Sore Nanti

Baca: Nagita Slavina Ungkap Perasaannya tentang Mantan-mantan Raffi Ahmad

Baca: Gangguan Listrik Padam se-Jabodetabek, PLN Dituntut Beri Kompensasi Ganti Kerugian Masyarakat

Kebakaran pertama terjadi di Jalan Kali Anyar 2, Tambora, Jakarta Barat pada pukul. 20.30 WIB. Diduga api lilin yang menyambar bensin di rumah milik Hadimin alias Dado.

"Keterangan warga kebakaran diakibatkan dari lilin yang menyambar bensin, karena pemilik rumah berjualan bensin eceran," ujar Kepala Seksi Suku Dinas Penanggulangan dan Penyelamatan Jakarta Barat, Rompis Romlih dalam keterangannya, Senin (5/7/2019).

Akibat kebakaran itu, rumah Dado hangus terbakar. Dirinya juga mengalami luka bakar di bagian kaki.

Api juga melukai punggung Ryan. Kedua korban langsung di bawa ke Puskesmas Kelurahan Krendang dan kemudian di rujuk ke Rumah Sakit Pelni, Jalan KS Tubun Jakarta Barat.

Dengan bantuan 6 unit mobil kebakaran, api berhasil dipadamkan pukul 21.30. Belum diketahui pasti total kerugian akibat peristiwa ini.

Kebakaran lain juga terjadi di rumah milik Senen, di Jalan Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Api muncul pada pukul 17.45 dan berhasil dipadamkan pada 18.05.

Penyebab kebakaran juga karena lilin yang dinyalakan saat pemadaman listrik. Api dari lilin itu kemudian merembet ke kabel televisi.

Kebakaran terbilang tak terlalu besar sehingga tidak mengakibatkan kerusakan fatal.

"Beruntung pemilik rumah cepat mengetahui dan berhasil dipadamkan oleh warga sebelum api sempat membesar," ujar Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara, Satriadi Gunawan.

Kerusakan yang tercatat akibat peristiwa ini yakni 1 televisi dan lemari di ruang tamu terbakar. Kebakaran sudah dapat dikendalikan dengan bantuan 4 mobil pemadam.

Kebakaran paling besar terjadi di Menteng Atas Selatan III, Jakarta Selatan. Sebanyak 50 rumah kontrakan di permukiman padat penduduk ludes terbakar akibat api dari lilin.

Kepala Seksi Operasi Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan Sugeng mengatakan, penyebab kebakaran dari lilin yang dinyalahkan oleh satu penghuni rumah saat keadaan mati lampu.

“Penyebabnya akibat Lilin,” kata Kepala Seksi Operasi Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan Sugeng.

Akibat kebakaran itu 350 warga harus mengungsi karena ludes dilahap si jago merah. Sugeng menyebut warga mengungsi di RPTRA Kebon Sawo, Kelurahan Menteng Atas.

Api pertama muncul pukul 20.34, dan baru bisa dipadamkan pukul 22.45. Satu orang warga tercatat tewas. Serta Anggota PPSU, M Iqbal mengalami patah kaki.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat