androidvodic.com

UPDATE Limbah Radioaktif di Serpong, Mulai Hari Ini 9 Warga Batan Indah Diperiksa Kadar Radiasi - News

News, TANGERANG SELATAN - Sembilan orang warga Perum Batan Indah Serpong Tangerang Selatan akan diperiksa kadar radioaktifnya menyusul ditemukannya limbah radioaktif di lingkungan mereka beberapa waktu lalu.

Kepala Biro Humas dan Kerjasama Badan Teknologi Nuklir Nasional (Batan) Heru Umbara mengatakan kesembilan sampel warga tersebut ditentukan oleh Badan Pengawas Teknologi Nuklir (Bapeten).

Lima warga di antaranya akan diperiksa besok Senin (17/2/2020) dan empat sisanya akan diperiksa lusa pada Selasa (18/2/2020) di Pusat Teknologi Keselamatan dan Metrologi Radiasi (PTKMR) Batan di Jakarta Selatan.

"Prosesnya, mengukur seluruh tubuh, pakai detector. Pernah lihat CT Scan belum? Sama seperti itu. Analisanya lain lagi," kata Heru di Perum Batan Indah Serpong Tangerang Selatan pada Minggu (16/2/2020).

Heru mengatakan, prosesnya akan memakan eqktu sekira 20 sampai 30 menit untuk scanningnya, tidak termasuk untuk persiapan dan proses analisa.

"Ya mungkin dua hari sudah bisa diketahui hasilnya. Nanti silakan tanya ke Bapeten. Seluruh data, kami berikan ke Bapeten sebagai penanggung jawab. Habis itu kita evaluasi bersama, seperti hari ini evaluasi harian," kata Heru.

Petugas pembersih zat radioaktif di Perumahan Batan Indah Tangerang Selatan, Minggu (16/2/2020).
Petugas pembersih zat radioaktif di Perumahan Batan Indah Tangerang Selatan, Minggu (16/2/2020). (KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO)

Ayam Peliharaan Warga Juga Akan Diperiksa

Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) membuka kemungkinan untuk memeriksa kadar radioaktif ayam dan hewan peliharaan warga Perum Batan Indah Serpong Tangerang Selatan di dekat lokasi ditemukannya limbah radioaktif.

Hal itu karena lokasi ditemukannya limbah radioaktif tersebut merupakan hamparan tanah kosong berupa kebun.

Tampak di lokasi tersebut beberapa ekor ayam berkeliaran.

Kepala Biro Hunas dan Kerjasama Batan Heru Umbara mengatakan sejauh ini timnya juga telah memeriksa pohon dan tumbuhan di sekitar lokasi meski hasilnya belum diketahui.

"Nanti kemungkinan kalau ada indikasi ke arah sana kita akan lakukan ke arah situ (periksa ayam dan peliharaan warga). Tapi tumbuhan, pohon, sudah kita lakukan, tapi hasilnya belum keluar," kata Heru di Perum Batan Indah Serpong Tangerang Selatan pada Minggu (16/2/2020).

Ia mengatakan timnya juga telah memeriksa air di sekitar lokasi.

Heru menyatakan air di sekitar lokasi dalam kondisi aman.

Baca: Bantah Isu Orang Ketiga, Kiwil Sebut Meggy Wulandari Sensitif: Salah Ngomong Dikit Dianggap Serius

Baca: Bermain di ‘Get Married’ Series, Prilly Latuconsina Ingin Tampil Berbeda dari Nirina Zubir

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat