androidvodic.com

361.000 Kendaraan Tinggalkan Jakarta Saat Libur Panjang HUT Kemerdekaan Ke-75 RI - News

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Muhammad Azzam

News, BEKASI - Jasa Marga mencatat sebanyak 361.236 kendaraan meninggalkan Jakarta pada H-3 dan H-2 libur panjang hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 14-15 Agustus 2020.

Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa arah barat, GT Ciawi arah selatan, dan GT Cikampek dan GT Kalihurip Utama arah timur.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru mengatakan bahwa total volume lalin yang meninggalkan Jakarta ini naik 33.3 persen dibandingkan lalin normal.

Kendaraan terjebak kemacetan menuju jalur wisata Puncak di Jalan Tol Jagorawi, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (15/8/2020) sore. Tingginya volume kendaraan menuju kawasan wisata Puncak Bogor pada libur akhir pekan dan libur hari kemerdekaan membuat penumpukan dan kepadatan di kawasan tersebut. Warta Kota/Alex Suban
Kendaraan terjebak kemacetan menuju jalur wisata Puncak di Jalan Tol Jagorawi, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (15/8/2020) sore. Tingginya volume kendaraan menuju kawasan wisata Puncak Bogor pada libur akhir pekan dan libur hari kemerdekaan membuat penumpukan dan kepadatan di kawasan tersebut. Warta Kota/Alex Suban (Alex Suban/Alex Suban)

Baca: Libur HUT Kemerdekaan ke-75 RI, KAI Daop 1 Jakarta Operasikan 13 Kereta Api Tambahan, Ini Jadwalnya

Rincian distribusi lalin menuju arah timur, melalui GT Cikampek Utama dengan jumlah 95.521 kendaraan meninggalkan Jakarta, naik sebesar 54,8 persen dari lalin normal.

Kemudian melalui GT Kalihurip Utama 1, dengan jumlah 85.072 kendaraan meninggalkan Jakarta, naik sebesar 36,9 persen dari lalin normal.

"Total kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah timur adalah sebanyak 180.593 kendaraan, naik sebesar 45,9 persen dari lalin normal," kata Heru dalam keterangan, pada Minggu (16/8/2020).

Sedangkan jumlah kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 97.346 kendaraan, naik sebesar 18,7 persen dari lalin normal.

Kendaraan terjebak kemacetan menuju jalur wisata Puncak di Jalan Raya Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (15/8/2020) sore. Tingginya volume kendaraan menuju kawasan wisata Puncak Bogor pada libur akhir pekan dan libur hari kemerdekaan membuat penumpukan dan kepadatan di kawasan tersebut. Warta Kota/Alex Suban
Kendaraan terjebak kemacetan menuju jalur wisata Puncak di Jalan Raya Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (15/8/2020) sore. Tingginya volume kendaraan menuju kawasan wisata Puncak Bogor pada libur akhir pekan dan libur hari kemerdekaan membuat penumpukan dan kepadatan di kawasan tersebut. Warta Kota/Alex Suban (Alex Suban/Alex Suban)

Sementara itu, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah selatan melalui GT Ciawi 1 Jalan Tol Jagorawi sebanyak 83.297 kendaraan, naik sebesar 28,0 persen dari lalin normal.

Heru menambahkan Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak saat berada di rest area atau tempat istirahat.

Diminta pengendara juga memastikan isi saldo uang elektronik yang cukup, mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara.

"Segera hubungi Call Center 24 Jam di nomor 14080 untuk informasi dan jika ada kendala di jalan tol," jelas dia.

Jasa Marga memprediksi, puncak arus balik terjadi pada Senin (17/8/2020).

Sejumlah persiapan telah dilakukan, seperti penambahan petugas gardu, maupun penerapan contraflow.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Libur Panjang HUT Kemerdekaan RI 361.000 Kendaraan Tinggalkan Jakarta, Jasa Marga: Arus Balik Senin

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat