androidvodic.com

Libur Panjang Maulid Nabi di Puncak, Pemkab Bogor Siapkan 1000 Rapid Test Gratis untuk Wisatawan - News

News, CIBINONG - Libur panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dimulai hari ini, Rabu (28/10/2020).

Warga yang memilih berlibur di kawasan Puncak Bogor bakal berhadapan dengan rapid test.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan ada tiga lokasi yang bakal menjadi titik rapid test, yakni Gadog, Taman Wisata Matahari dan Gunung Mas.

"Kami akan lakukan rapid test rapid test serentak pada 28 Oktober 2020 untuk wisatawan," ujar Ade Yasin di Cibinong, Selasa (27/10/2020).

"Kami siapkan 1.000 rapid test untuk tiga lokasi itu. Tujuannya untuk mem-filter orang-orang yang datang ke Puncak agar bebas dari Covid-19," sambungnya.

Taman Wisata Matahari
Taman Wisata Matahari (Tribunnewsbogor/Yudhi Maulana)

Ade Yasin menegaskan rapid test ini gratis untuk wisatawan karena fasilitas ini bantuan dari pemerintah provinsi.

"Rapid test ini dilakukan serentak di 5 kota/kabupaten lain di Jawa Barat seperti Karawang dan Cirebon," tambah Ade.

Untuk teknis pelaksanaanya, wisatawan bisa dengan sukarela mengajukan diri atau secara acak ditentukan petugas saat operasi yustisi.

"Jadi yang mau rapid test, silahkan aja mumpung gratis," imbuhnya.

Kendaraan terjebak kemacetan menuju jalur wisata Puncak di Jalan Raya Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (15/8/2020) sore. Tingginya volume kendaraan menuju kawasan wisata Puncak Bogor pada libur akhir pekan dan libur hari kemerdekaan membuat penumpukan dan kepadatan di kawasan tersebut. Warta Kota/Alex Suban
Kendaraan terjebak kemacetan menuju jalur wisata Puncak di Jalan Raya Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (15/8/2020) sore. Tingginya volume kendaraan menuju kawasan wisata Puncak Bogor pada libur akhir pekan dan libur hari kemerdekaan membuat penumpukan dan kepadatan di kawasan tersebut. Warta Kota/Alex Suban (Alex Suban/Alex Suban)

Pemkab Bogor juga mempersilahkan wisatawan yang sudah melakukan rapid/swab mandiri untuk membawa hasil test.

"Kalau ada surat test/swab juga boleh dibawa asalkan tujuannya jelas misalnya ke hotel, tempat makan atau pun tempat wisata yang telah ditentukan," jelasnya.

Operasi Yustisi

Selain rapid test, Pemkab Bogor juga akan memantau tempat-tempat wisata agar disiplin mematuhi protokol keeehatan 3M (Menjaga Jarak, Memakai Masker dan Mencuci Tangan).

"Kami akan bikin tempat-tempat pantau dengan melibatkan Satgas Covid-19 dan dinas terkait," papar Ade.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat