androidvodic.com

Wacana Lockdown Akhir Pekan, Bupati Bogor Ade Yasin: Agak Berat - News

News, CIBINONG - Kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat meski pemerintah telah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Jawa-Bali yang dimulai sejak 11 Januari 2021.

Hingga kini PPKM dipandang belum membuahkan hasil, untuk menekan laju penyebaran Covid-19, Komisi IX DPR mengusulkan pemerintah melakukan lockdown pada akhir pekan.

Usulan itu mendapat tanggapan beragam dari berbagai pihak.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan strategi itu tampaknya berat untuk dilaksanakan.

“Untuk strategi lockdown, saya kira dengan ekonomi yang sedang terpuruk seperti sekarang ini agak berat,” kata Ade di Cibinong, Rabu (3/2/2021).

Baca juga: Pemprov DKI Pertimbangkan Opsi Lockdown Akhir Pekan

Menurut dia, kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan menjadi kunci mengatasi pandemi ini.

“Kalau kita disiplin saja, insyaallah tidak akan seperti ini, di mana makin ke sini makin naik jumlah masyarakat yang terpapar,” ujarnya.

Karena itu, Ade mengimbau masyarakat untuk taat protokol kesehatan.

“Kita harus disiplin dengan prokes untuk keselamatan diri sendiri dan orang lain,” katanya.

Untuk menekan penularan Covid-19 di Kabupaten Bogor, Ade meminta agar Satgas Covid-19 di tingkat kecamatan dan desa diaktifkan kembali.

“Sekarang ini yang bergerak itu kan cenderung Satgas di kabupaten."

"Saya ingin sekarang kita maksimalkan Satgas di kecamatan dan desa untuk diaktifkan kembali Satgas-satgas tingkat RT dan RW,” tuturnya.

Baca juga: Jokowi Nilai PPKM Tidak Efektif, Airlangga Klaim Ada Perbaikan di Sejumlah Provinsi

Menurut Ade, efektivitas kebijakan dalam penanganan Covid-19 sangat tergantung pada kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan 3M, yaitu menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker.

“Penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) efektif dan tidak efektif tergantung dari pola hidup dan kesadaran masyarakat sendiri,” paparnya.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Tanggapi Wacana Lockdown Akhir Pekan, Bupati Bogor Ade Yasin: Agak Berat, 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat