androidvodic.com

Wali Kota Tangerang dan Kapolres Metro Tangerang Kota Sambangi Kelenteng Boen Tek Bio - News

News, TANGERANG - Pemerintah Kota Tangerang dan Polres Metro Tangerang Kota berkeliling ke sejumlah kelenteng untuk memastikan keamanan perayaan Tahun Baru Imlek 2021, 

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah bersama Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Deonijiu De Fatima berkeliling guna memastikan perayaan Imlek berjalan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Patroli dilakukan bersama untuk melihat kesiapan di tempat ibadah yang tiap tahun menjadi lokasi perayaan Imlek," kata Arief saat memantau kesiapan Imlek di Klenteng Boen Tek Bio, Kamis (11/2/2021) malam.

Baca juga: Tahun Baru Imlek, Menteri Agama Doakan Masyarakat Tionghoa Bergelimang Berkah

Arief mengharapkan masyarakat Tionghoa di Kota Tangerang dapat memperingati Imlek dengan cara sederhana agar angka penyebaran Covid-19 di Kota Tangerang dapat ditekan hingga menjadi zona hijau.

"Sejauh ini tempat ibadah sudah menyiapkan protokol kesehatan yang baik di lokasi. Mudah-mudahan perayaan Imlek di Kota Tangerang bisa berjalan dengan tertib," ujar Arief.

Sementara, Kelenteng Boen Tek Bio tetap melayani umatnya yang akan beribadah saat Tahun Baru Imlek dengan pembatasan jumlah pengunjung.

Hal tersebut terpaksa dilakukan untuk menghindari kerumunan di tengah pandemi Covid-19 di Kota Tangerang.

Baca juga: Tahun Baru Imlek, Menteri Agama Doakan Masyarakat Tionghoa Bergelimang Berkah

Berdasarkan data yang dihimpun TribunJakarta.com, kelenteng yang berusia 337 tahun tersebut biasa melayani 7.000 umat saat perayaan Imlek tiap tahunnya.

Namun, Sekretaris Badan Pengurus Kelenteng Boen Tek Bio, Ruby Santamoko mengatakan untuk tahun ini pihaknya menargetkan hanya melayani 10 persen dari total umat yang biasa datang.

"Tujuh ribuan umat kita yang pada biasanya Imlek, biasanya datang salam kurun waktu pada jam 18.00 WIB sampai jam 24.00 WIB malam juga besok pagi. Kita berharap yang datang hanya 10 persen karena sudah diberi imbauan jauh-jauh hari," jelas Ruby di Kelenteng Boen Tek Bio, Kamis (11/2/2021).

10 persen dari 7.000 umat, diperkirakan Ruby hanya ada sekira 700 orang yang akan beribadah di Kelenteng Boen Tek Bio.

Ternyata, pihaknya sudah membuat skema untuk mengurai kerumunan saat perayaan Tahun Baru Imlek.

Ruby menjelaskan, pengurus akan membatasi umat yang masuk ke kelenteng untuk beribadah sekira 50 sampai 100 orang.

"Yang bisa masuk ke area Boen Tek Bio itu adalah maksimal hanya 50-100 orang dan sisanya tunggu di luar. Ada dari polisi untuk menertibkan," ujar Ruby.

Baca juga: Wisatawan yang Hendak Libur Imlek di Puncak Bogor Wajib Tunjukkan Surat Rapid Antigen

Ia pun memprediksi, satu orang paling lama beribadah sekira 10 sampai 15 menit.

Yang kemudian, umatnya diimbau untuk segera meninggalkan Kelenteng Boen Tek Bio supaya orang yang sudah mengantre di luar bisa segera beribadah.

"Memang masing-masing punya niat dan tujuan beda jadi ada yang cepat dan lama. Memang prediksi paling lama sembahyang itu 10 sampai 15 menit," tutupnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Wali Kota Tangerang Sidak Protokol Kesehatan ke Sejumlah Kelenteng, 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat