androidvodic.com

Dua Siswa Terpapar Covid-19, Begini Reaksi Wali Kota Jakarta Timur - News

News, JAKARTA - Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar angkat bicara soal temuan kasus Covid-19 di sekolah selama Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen. 

Pihak Pemkot Jakarta Timur meminta penerapan dan pengawasan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di sekolah saat pembelajaran tatap muka (PTM) ditingkatkan.

Hal ini perlu dilakukan guna mencegah kasus murid terkonfirmasi Covid-19 di SMAN 71 dan SMK Malaka, Duren Sawit terulang.

"Prokes agar selalu dilaksanakan, serta Satgas Covid-19 meningkatkan pengawasan," kata Anwar saat dikonfirmasi di Duren Sawit, Jakarta Timur Rabu (12/1/2022).

Baca juga: Satu Siswa Positif Omicron, SMAN 71 Jaktim Ditutup 5 Hari, 30 Siswa Swab Massal di Puskesmas

Baca juga: Satu Siswa Terpapar Corona, 60 Orang di SMK Malaka Jakarta Jalani Swab PCR  

Baca juga: Warga Dramaga Positif Omicron Transmisi Lokal, Bolak-balik Bogor-Jakarta Pakai Transportasi Umum 

Hingga kini tercatat ada satu siswa SMAN 71 terkonfirmasi Covid-19 sehingga mengakibatkan PTM dihentikan sementara, dan pembelajaran kembali dilakukan secara online.

Pun dengan SMK Malaka yang hingga kini ditutup sementara akibat satu siswa terkonfirmasi Covid-19, penutupan sementara dilakukan sejak Senin (10/1/2022) hingga Jumat (14/1/2022).

"Semoga tracing-nya cepat clear. Jika ada yang terpapar hasil tracing (penelusuran kontak erat) dari siswa tersebut, akan ditambah sampai tracing-nya clear," ujarnya.

Lurah Cipinang Cempedak Abdul Muin menuturkan satu siswa SMAN 71 yang terkonfirmasi Covid-19 merupakan warganya dan kini menjalani isolasi mandiri di rumah.

Siswa tersebut menjalani isolasi mandiri di rumah bersama ibunya yang juga terpapar Covid-19, mereka diketahui terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron berdasarkan hasil tes swab PCR.

"Alhamdulillah kondisinya baik saja, tidak ada (gejala) yang berat. Jadi untuk sampai saat ini mereka menjalani protokol kesehatan dengan ketat tidak kemana-mana, dan tidak keluar rumah," ujar Abdul.

Baca juga: KSP: Kebijakan Vaksin Booster Gratis Tutup Peluang Permainan Harga di Lapangan

Baca juga: Penyebaran Omicron, Kadinkes DKI: Masyarakat Tak Perlu Panik, yang Penting Tetap Waspada

Sementara, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMK Malaka, Machmuri Dede Pranoto mengatakan satu siswanya diketahui terkonfirmasi Covid-19 pada Jumat (7/1/2022) lalu.

Temuan kasus siswa terkonfirmasi Covid-19 ini pun sudah dilaporkan ke Puskesmas Kecamatan Duren Sawit, Sudin Pendidikan wilayah I Jakarta Timur, dan Dinas Pendidikan DKI.

"Untuk variannya (Covid-19) belum jelas. Menurut informasi anak ini terpaparnya (tes swab) di Mall Bassura karena anak ini sambil bekerja."

"Waktu di test hari Rabu baru hasilnya di hari Jumat sore," tutur Machmuri, Selasa (11/1/2022).

Baca juga: 36 Warga Krukut Positif Covid-19, 4 RT Zona Merah, Micro Lockdown hingga 14 Hari

Sebelum diketahui terkonfirmasi Covid-19 kedua siswa sama-sama mengikuti PTM, bedanya siswa SMAN 71 terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron, sementara SMK Malaka belum diketahui variannya.

Pihak Puskesmas Kecamatan Duren Sawit pun sudah melakukan penelusuran kontak erat terhadap siswa dan guru di SMAN 71 dan SMK Malaka dengan cara melakukan tes swab PCR.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Dua Siswa Terpapar Covid-19, Wali Kota Jakarta Timur Minta Prokes di Sekolah Ditingkatkan, 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat